Nissan Siap Produksi Mesin Xpander, Harganya?

Mesin Xpander Bakal Diproduksi Oleh Nissan – Tampaknya, tak cukup hanya memperbesar nilai investasi untuk kapasitas produksi, bahkan Mitsubishi Motors juga mengumumkan mesin Xpander akan diproduksi lokal oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Dimana, kabarnya proses produksi tersebut akan dilakukan oleh Nissan pada tahun 2020 mendatang.

Sebagai informasi awal, perlu untuk diketahui bahwa Nissan dan Mitsubishi secara global telah beraliansi sejak 2016 lalu. Begitu juga, hal itu juga berlaku di Indonesia.

Mesin Xpander Bakal Diproduksi Oleh Nissan

Sementara itu di satu sisi, berdasarkan atas paparan yang disampaikan oleh CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko, yang mana dijelaskan bahwa dengan diproduksinya mesin Xpander di pabrik Nissan, maka secara otomatis dapat meningkatkan rasio penggunaan suku cadang lokal pada Xpander. Mulai dari 71 persen menjadi 80 persen.

Itu artinya, kata Masuko, hal ini dapat membawa manfaat ekonomi berantai khususnya dalam hal pasokan lokal.

“Untuk investasi ini dilakukan oleh Nissan bukan kami (Mitsubishi), dan kami akan melakukan suplai Xpander ke Nissan mulai awal 2019,” kata Masuko saat ditemui wartawan di Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta pada Rabu (3/10/2018).

Dengan kata lain, rencana pengembangan produksi Mitsubishi yang mengucurkan investasi hingga 4 miliar yen, tidak termasuk untuk investasi pembuatan mesin Xpander di pabrik Nissan. Menurut Masuko sendiri, untuk berapa nilai investasi produksi mesin Xpander itu adalah keputusan Nissan.

Sedangkan di sisi lain, dari pihak Mitsubishi tak mengetahui jumlahnya. “Kami tak tahu detail. Kami beli mesin dari pabrik Nissan. Tentu saja lokalisasi mesin membuat biaya produksi mesin menjadi turun,” terangnya.

Kemudian, di lain sisi mengenai soal harganya, dalam hal ini Presiden Direktur Mitsubishi Motor Krama Yudha Naoya Nakamura sendiri masih enggan menjelaskan secara detail apakah harga mobil Xpander jadi murah atau tidak. “Terlalu cepat bagi kami untuk menjanjikan harga setelah lokalisasi mesin,” kata Nakamura.

Terlepas dari itu, maka dengan diproduksinya mesin Xpander di pabrik Nissan Indonesia secara otomatis Nissan sendiri dapat memproduksi sekitar 160 ribu unit mesin per tahun.