Catat! Gesits Siap Diluncurkan November 2018

Bulan November 2018, Skutik Gesits Siap Diluncurkan ke Publik – Kehadiran skutik buatan anak bangsa, Gesits tampaknya sudah mulai menunjukkan tanda-tanda. Tentu saja, kehadiran skutik ini akan jadi ajang kompetisi dan pembuktian bahwa putra bangsa pun juga mampu memproduksi motor listrik.

Di sisi lain, jika mendasarkan atas project overview dari lampiran surat PT Wika Industri Manufaktur (WIM), yang telah diserahkan kepada Darmawan Prasodjo yang mana dalam hal ini selaku Deputi Bidang Pengelolaan dan Pengendalian Program Prioritas Nasional, Kantor Staff Presiden (KSP), peluncuran resmi skuter listrik Gesits buatan lokal ini akan dilakukan pada penghujung November 2018.

Bulan November 2018, Skutik Gesits Siap Diluncurkan Ke Publik

Sementara itu untuk acara peluncuran itu sekaligus dengan pre production (tahap III) untuk komponen sasis, bodi motor, dan parts electric. Memang, sebelumnya dikabarkan bahwa jadwal peluncuran itu dilakukan pada 17 Agustus atau bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, tetapi mundur lagi karena satu dan lain hal.

Lalu, kira-kira bagaimana jika bulan depan peluncurannya kembali diundur?

Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, untuk urusan itu tergantung dari perusahaan yang akan membuat.

“Jadi kami hanya mendorong dan membantu dari pengujian tipe dan lain-lainnya saja. Urusan peluncuran kita tidak ikut campur karena itu kewenangan dari perusahaannya sendiri,” ucap Airlangga pekan lalu di kewasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Di sisi lain, saat diminati keterangan, Airlangga hanya berharap pengembangan skuter hasil kolaborasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan PT Gesits Technologies Indo (GTI) itu bisa berjalan dengan baik. Ia berharap bahwa keberhasilan yang dicapai dengan peluncuran Geists ini bisa mendongkrak sekaligus memajukan industri otomotif di Indonesia.

“Tentunya itu akan membuat lapangan pekerjaan yang banyak juga. Karena ini merupanan skuter listrik nasional,” ujar Airlangga.

Sementara itu di sisi lain, Harun Sjech selaku CEO PT GTI pernah memberikan pernyataan bahwa perkembangan proyek Gesits sesuai dengan rencana yang diharapkan pemerintah. Tahap awal pabrik perakitan mampu memproduksi sekitar 50.000 unit Gesits per tahun.

Ia juga menyatakan jika kapasitas ini akan selalu terus ditingkatkan secara bertahap hingga mencapai 100.000 unit per tahunnya. Sehingga, dominasi pasar Gesits pun akan mampu berkembang pesat di Tanah Air.

Top