Mobil Nasional Esemka Akhirnya Lolos Uji Tipe

Esemka Lolos Uji Tipe, Pertanda Siap Produksi – Mobil nasional Esemka memang sebelumnya sempat dikabarkan bakal segera diproduksi dalam negeri. Namun, sejak kabar itu meruak, sampai bulan Desember 2018 kabar kehadirannya masih jadi tanda tanya.

Akan tetapi, mencuatnya kabar mobil nasional Esemka kini akhirnya terjawab sudah. Pasalnya, berdasarkan pengakuan dari salah satu sumber menyatakan bahwa untuk sementara ini sudah ada delapan unit Esemka yang lolos uji di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB).

Esemka Lolos Uji Tipe, Pertanda Siap Produksi

“Betul sudah ada delapan unit yang lulus uji tipe berdasarakan vehicle type approval (VTA) online, satu unit lagi masih dalam proses,” ucap nara sumber saat dikonfirmasi pada Jumat (12/10/2018).

Namun, hanya saja jika melihat dari data yang diberikan, tentu dengan delapan unit tersebut tidak semuanya mendapat Sertifikat Uji Tipe (SUT) pada 2018. Dimana, memang diakui ada beberapa mobil yang sudah diluluskan pada tahun 2016 lalu.

“Bima 1.3 (4×2) M/T, Bima 1.8D (4×2) M/T, Niaga 1.0 (4×2) M/T, Digdaya 2.0 (4×2) M/T, Borneo 2.7D (4×2) M/T, itu sudah lulus uji dari bulan Februari dan Maret 2016 lalu,” ucapnya.

Sementara itu di sisi lain, perlu untuk diketahui juga bahwa dari data terbaru VTA, setidaknya sudah ada ada tiga unit lain yang baru lulus uji. Ketiganya terdiri dari dua unit mobil niaga dan satu unit mobil penumpang.

“Model yang sudah VTA ada tiga, Bima 1.0 (4×2) MT jenis mobil barang, Bima 1.3L (4×2) MT tipe mobil barang, dan Garuda 2.0 (4×4) mobil penumpang,” ucap sumber tersebut.

Nah, dengan kabar tersebut maka diharapkan Esemka jadi mobil nasional yang sanggup bersaing dengan kompeitornya yang mayoritas dikuasai oleh pabrikan asal Jepang. Apalagi, kini sudah mulai lulus ujicoba sehingga akan membuat pasar otomotif semakin ketat. Tentu, kita tunggu kabar selanjutnya.

Top