Menerka Kelanjutan Suzuki Ertiga Diesel

Peluang Ertiga Diesel di Indonesia Masih Terbuka – Beberapa waktu lalu, memang Suzuki pernah menghadirkan Ertiga dengan mesin diesel. Akan tetapi, sejak kehadiran All New Ertiga di tahun 2018 ini, pabrikan berlogo huruf “S” tersebut sudah tidak lagi memberikan pilihan mesin untuk produk LMPV buatannya tersebut.

Bisa jadi, Ertiga yang mengusung diesel hybrid tersebut mungkin justru menjadi pilihan alternatif lain untuk mesin di kelas LMPV yang belum ada pilihan peminum solar. Namun, kira-kira apakah nantinya produk ini dapat kembali ditawarkan di Indonesia?

Peluang Ertiga Diesel Di Indonesia Masih Terbuka

“Kita masih studi. Apakah akan kita akan produksi di sini atau impor, semua masih dalam studi,” ucap Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Seiji Itayama beberapa waktu lalu.

Perlu untuk diketahui bahwa jauh-jauh hari, Suzuki pernah mengungkapkan bahwa Ertiga diesel merupakan salah satu bagian produk yang akan diproduksi di Indonesia. Hanya saja, rencana tersebut sampai saat ini tampaknya belum teralisasi.

Tapi, jika melihat atas pernyataan Itayama, kemungkinan besar kehadiran varian diesel masih terbuka. Termasuk juga di antaranya akan dihadirkan pula varian khusus seperti Drezza pada Ertiga sebelumnya.

Sementara itu, jika mendasarkan atas data Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada periode Januari sampai September 2018, jumlah total keseluruhan Ertiga diesel terdistribusi 640 unit. Data yang paling banyak pada bulan Januari sampai April dan menyisakan dua unit saja di Mei kemudian tidak ada sama sekali hingga September.

Di sisi lain, sebenarnya model Ertiga diesel yang sempat ditawarkan di Indonesia ini hadir dengan teknologi yang cukup menjanjikan. Pasalnya, model Ertiga yang satu ini akan mengusung dapur pacu handal dengan mesin 1.3L D13A yang mana sanggup menghasilkan tenaga puncak 88 tk dan torsi 200 Nm.

Tak sampai di situ saja, bahkan mesin yang diusung Ertiga Diesel ini diklaim sudah menggunakan tambahan sistem hibrida yang dinamakan Integrated Starter Generator. Fitur canggih yang satu ini punya kelebihan dalam mengumpulkan energi saat mobil berdeselerasi kemudian disimpan dalam baterai dan digunakan untuk menambah tenaga saat berakselerasi.

Top