AHM Siap Rilis Honda Monkey di Ajang IMOS 2018

PT AHM Segera Perkenalkan Honda Monkey pada Ajang IMOS 2018 – Selain skutik Beat yang dapat pembaruan warna, kini PT Astra Honda Motor (AHM) pun juga turut dikabarkan bakal segera menyiapkan motor unik di IMOS 2018. Yang mana, tak lain dan tak bukan merupakan produk uniknya, yaitu Honda Monkey. Pasalnya Monkey sebelumnya ramai dibicarakan di Intermot, Jerman, awal Oktober 2019 lalu.

Tak hanya itu saja, bahkan dalam kaitannya dengan peluncuran ini, pihak AHM pernah mengatakan bakal melakukan study soal Monkey di pasar Indonesia, ingat IMOS 2016, ya, Monkey Concept mejeng di sana. Selain itu, menurut pihak AHMS sendiri, kalau Super Cub saja dipasarkan dan diterima sebagian orang sini, Monkey seharusnya punya peluang.

PT AHM Segera Perkenalkan Honda Monkey Pada Ajang IMOS 2018

Perlu untuk diketahui bahwa Honda Monkey termasuk motor yang punya nilai sejarah unik, tak kalah dari Super Cub. Dimana, motor unik dengan konsep desain yang terkesan mungil itu sampai sekarang masih mempertahankan desain retro, yang juga jadi daya tarik utamanya. Melihat dimensinya yang mungil, Monkey masuk sebagai motor untuk ‘fun’ atau bisa sebagai komuter jarak pendek. Tapi pada rilisan paling anyar, Monkey punya kapasitas mesin yang menjanjikan.

Apalagi untuk sektor dapur pacunya. Dimana, Honda Monkey ini sudah membawa mesin MSX 125 SF berkapasitas 125 cc dan berpendingin udara. Mesin paling bertenaga yang pernah digendong Monkey itu punya daya 9,6 Tk pada 7.000 rpm dan torsi 10,5 Nm pada 5.500 rpm, serta disalurkan melalui transmisi 4-speed. Agar sesuai dengan spesifikasi dan regulasi modern, dibenamkan teknologi injeksi PGM-FI dan daya tampung tangki bisa diisi penuh 5,6 liter bensin. Untuk deselerasi juga sudah modern, rem cakram 220 mm di depan dan 190 mm di roda belakang.

Meski mungil, postur Monkey dibuat setinggi mungkin tanpa mengesampingkan esensi motor kecil. Jadi ketika dikendarai orang dewasa masih bisa mendapatkan posisi yang baik. Untuk tinggi rata-rata orang Indonesia, dimensi Monkey masih bisa diterima. Meski begitu, Monkey memang sejatinya untuk dikendarai tanpa pebonceng.

Sayang memang, belum ada kepastian Monkey bakal melantai di IMOS 2018 atau tidak. Tapi kemungkinannya tetap ada. Mengingat Honda Super Cub sudah dipamerkan di GIIAS 2018 dan sejumlah konsumen dikatakan membelinya, meski harganya cukup tinggi. Kalau benar jadi didatangkan, harga Monkey mungkin berada di kisaran tak jauh berbeda dengan Super Cub.