Yamaha Luncurkan Skutik Penantang Vario

Tantang Vario, Yamaha Resmi Rilis FreeGo – Siapa yang tak kenal dengan Honda Vario? Yapz, skutik buatan Honda ini memang menjadi salah satu produk andalan pabrikan berlogo kepakan sayap dengan penjualan yang memuaskan dari tahun ke tahun. Namun, tampaknya langkah Vario dalam bersaing di segmen skutik nasional akan sedikit mengalami “ganguan”.

Pasalnya, pesaingnya dari Yamaha belum lama ini merilis skutik bernama FreeGo 125. Apabila membandingkan dari sisi harga dan dapur pacu yang diusungnya, skutik ini memang sengaja dihadirkan untuk menantang Honda Vario. Tentu saja, skutik buatan Yamaha yang satu ini bisa mengganggu popularitas Vario 110 cc dan juga 125 cc yang kini tengah mendominasi pasr skutik nasional.

Tantang Vario, Yamaha Resmi Rilis FreeGo

Sementara itu, jika melihat banderolnya, Yamaha FreeGo sendiri dibanderol di kisaran antara Rp 18,5 juta hingga Rp 22,5 juta dengan status on the road DKI Jakarta. Sedangkan di sisi lain, pada Honda Vario sendiri, untuk varian 110 dijual Rp 16,925 juta sampai Rp 17,825 juta. Sementara itu, untuk tipe 125 dari Rp 19.2 juta hingga Rp 20 juta dengan status OTR DKI Jakarta.

“Ya pada intinya kita ingin menambahkan varian di kelas itu. Yamaha sendiri sekarang ini tidak punya skutik 110 cc, semuanya sudah 125 cc,” ujar Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro pada Rabu (31/10/2018) di ajang IMOS 2018.

Di sisi lain, terkait dengan kabar tersebut, Antonius menjelaskan bahwa memang secara target penjualanmya sendiri, nantinya pihak Yamaha akan mematok sebanyak-banyaknya. Bahkan, merek berlogo Garpu Tala tersebut pun juga merasa sangat optimistis dengan kehadiran skutik 125 terbarunya itu.

“Karena ini merupakan skutik kelas tertinggi di 125 cc non-Maxi, jadi yang merasa belum mampu secara finansial membeli maxi, bisa membeli ini, karena dari sisi desain dan juga fitur cukup berlimpah,” kata Antonius.

Tak sampai di situ saja, bahkan Antonius pun menjelaskan jika Yamaha sendiri selalu menciptakan segmen baru di pasar otomotif nasional, dan model yang dikeluarkannya pun pasti digemari oleh masyarakat.

“Begitu juga dengan FreeGo ini, semua yang ada pada skutik itu berdasarkan keingingan dari konsumen di Indonesia. Sebagai contoh, penerapan pengisian BBM yang di depan, jadi tidak perlu lagi membuka jok,” ucap dia.

Berkaitan dengan dominasi Yamaha untuk pasar Indonesia, memang saat ini Honda, dalam hal ini AHM adalah pemain yang juga menjadi pesaing berat bagi Yamaha Indonesia. Hampir setiap produknya selalu salip-menyalip dengan Honda. Tentu, dengan hadirnya skutik baru FreeGo ini maka tak heran jika pasar Vario pun akan mulai tergoyah.

Top