Tak Laku Lagi, Mitsubishi Indonesia Tak Jual Mirage Lagi

Mitsubishi Indonesia Tak Lagi Andalkan Mirage – Sebagaimana kita tahu, ketatnya persaingan otomotif di pasar nasional memang menjadi ajang yang tak bisa dihindari oleh para produsen. Banyak kendaraan yang mengalami pasang surut, bahkan tak jarang juga yang terdampar dari seleksi pasar yang kompetitif, khususnya di segmen kendaraan roda empat.

Terkait dengan hal tersebut, hanya ada 3 produsen mobil yang punya dominasi kuat di Tanah Air, yaitu Toyota, Honda, dan Mitsubishi. Khusus Toyot dan Honda, tampaknya memang sudah tak perlu khawatir mengingat pasar di Tanah Air sudah dikuasai. Begitu juga dengan Mitsubishi yang mana melalui Xpander, mampu menggeser Avanza. Tak ayal, patut diakui bahwa mobil yang lahir di pertengahan Agustus 2017 itu mampu menarik perhatian konsumen Tanah Air. Tentu saja, hal itu semakin memantapkan langkah Mitsubishi dalam bersaing di Indonesia.

Mitsubishi Indonesia Tak Lagi Andalkan Mirage

Sayangnya, torehan manis Xpander tidak diikuti oleh keluarga Mitsubishi lainnya, yaitu Mirage. Pasalnya, penjualan citycar tersebut justru sampai dengan akhir tahun 2018 ini kian terpuruk. Lantas bagaimana nasib Mitsubishi Mirage?

Merespon fakta tersebut, dalam hal ini Director Marketing & Sales PT MMKSI Irwan Kuncoro mengatakan bahwa untuk saat ini Mirage sudah selesai.

“Kita sudah tidak distribusi baru lagi, enggak ada importasi lagi,” ungkap Irwan saat ditemui di kawasan pantai Ancol, Jakarta pada Jumat (2/11/2018).

Di sisi lain, Irwan pun juga turut mempertegas bahwa memang untuk saat ini Mirage masih dijual, hanya saja jumlahnya tak lagi banyak dan produk yang ada tinggal stok di dealer. “Tinggal sedikit, angkanya ya relatif kecil sekali,” ujarnya.

Di samping itu, penurunan penjualan Mirage memang bukan sekedar berita hoax melainkan sebuah fakta nyata. Pasalnya, mendasarkan atas data yang dikutip dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dilaporkan bahwa wholesales (penjualan pabrik ke dealer) Mitsubishi Mirage hanya terjadi pada Januari-Maret 2018 sebanyak 489 unit dan satu unit terjual pada Juli 2018.

Sedangkan di bulan-bulan selanjutnya mobil yang diimpor utuh dari Thailand tersebut penjualannya mengalami penurunan yang sangat drastis.

Terlepas dari itu, meski Mitsubishi harus melepas Mirage, tampaknya bukan jadi kabar yang menyedihkan. Sebab, pabrikan berlogo tiga berlian tersebut masih aman dengan penjualan Xpander yang terus mengalami pelonjakan secara konsisten. Sehingga, dominasi di segmen Low MPV masih bisa dikuasai oleh pabrikan Mitsubishi.

Top