Pasar MPV di Indonesia Belum Mampu Memikat DFSK

DFSK Masih Belum Tertarik Luncurkan MPV ke Indonesia – Memang, dominasi pasar mobil MPV di Indonesia masih dipegang oleh Xpander. Bahkan, pesanan mobil buatan Mitsubishi tersebut masih terus mengalami kenaikan. Ini menunjukkan bahwa pasar Low MPV di Tanah Air punya potensi sangat besar, apalagi Avanza yang kini digeser oleh Xpander masih bisa bertahan dengan penjualan tinggi.

Akan tetapi, pendapat berbeda diutarakan oleh PT Sokonindo Automobile sebagai pemegang merek DFSK di Indonesia. APM mobil pabrikan DFSK tersebut tampaknya masih terus fokus mencari peruntungan di segmen sport utility vehicle (SUV). Setelah Glory 580, awal 2019 akan meluncurkan SUV lagi yang secara posisi berada di bawah, dengan tawaran harga lebih murah.

DFSK Masih Belum Tertarik Luncurkan MPV Ke Indonesia

Terkait dengan hal tersebut, Permata Islam yang tak lain dan tak bukan merupakan General Manager Marketing PT Sokonindo Automobile pun punya spekulasi sendiri. Bahkan, menurutnya selain MPV, secara pasar di segmen SUV pun juga sangat menjanjikan. Menurut dia, tren global juga mengarah ke model mobil SUV, bukan MPV.

“Prediksi pasar tahun ini saja untuk SUV naik, sampai per September 2018 ini sudah naik 12 persen,” ujar Permata pada Selasa (6/11/2018).

Karena itu, menurut Permata sendiri bahwa nantinya untuk model ke dua DFSK, masih bertahan di segmen SUV. Sementara itu, bagi Permata sendiri, untuk segmen multi purpose vehciel (MPV), kata dia belum punya rencana untuk menjualnya di pasar otomotif nasional. Ini merupakan pertanda bahwa DFSK kemungkinan belum siap dengan ketatnya persaingan Low MPV di Indonesia.

“Jadi kita bermain dulu di SUV saja. Nanti akan kita luncurkan lagi SUV di bawah Glory 580, tetapi secara harga masuk ke LMPV,” ucap Permata.

Sementara itu di satu sisi, apabila kita melihat merek asal China satu lagi, yaitu Wuling tampaknya justru memilih jalan untuk bermain di segmen LMPV dan MPV. Akan tetapi, Wuling pun juga tak akan diam saja berada di segmen SUV melainkan untuk tahun depan juga sudah mau mencari peruntungan dengan menjual SUV.

Tentu saja, meski belum ada rencana dari pihak DFSK untuk meluncurkan MPV ke Indonesia namun tak menutup kemungkinan jika DFSK akan berubah pikiran. Mengingat, pasar MPV di Tanah Air yang benar-benar menggiurkan.

Top