Gesits Dipastikan bakal Masuk Tahap Produksi pada 2019

Skutik Gesits Siap Diproduksi pada Tahun 2019 – Motor listrik Gesits kembali memberikan kabar baru. Pasalnya, skutik listrik buatan putra bangsa tersebut kini sudah mulai mendapat perhatian dari pemerintah, termasuk Presiden Joko Widodo.

Terkait dengan hal tersebut, belum lama ini Mohammad Nasir yang mana selaku Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (7/11). Dalam pertemuan tersebut, dilaporkan bahwa M Nasir datang bersama pihak-pihak yang terlibat dalam produksi sepeda motor listrik Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits).

Skutik Gesits Siap Diproduksi Pada Tahun 2019

Satu yang menarik bahwa dalam sambutannya tersebut, M Nasir sendiri mengatakan jika sepeda motor listrik Gesits akan diproduksi secara massal. Tepatnya akan dimulai pada Januari 2019.

“Tahap industri ini barangnya sudah sangat siap dan Insya Allah produksi massal akan dilakukan pada bulan Januari. Sekarang ini sudah dilakukan uji tes semuanya,” kata M Nasir.

Tak sampai di situ saja, bahkan Menteri Nasir sendiri juga turut serta memberikan laporan secara langsung kepada Jokowi soal sepeda motor listrik pertama buatan dalam negeri ini yang telah berhasil dikembangkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Dimana, motor listrik Gesits ini diketahui akan diproduksi pabrik PT Wika Industri dan Konstruksi.

Sementara itu di satu sisi, jika mengulik pada kabar sebelumnya, direncanakan peluncuran motor listrik Gesits akan dilakukan pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 2018. Akan tetapi, hanya saja peluncuran diundur sampai Desember 2018 lantaran beberapa faktor seperti integrasi, dan beberapa komponen yang perlu diperbaiki.

“Motor listrik ini harapan saya nanti bulan November bisa produksi massal. Sebelum produksi massal dilakukan, nanti ada suatu launching yang dilakukan oleh pemerintah untuk dikenal ke publik dulu,” kata Nasir pada 6 Agustus 2018.

Terlepas dari itu, Menteri Nasir sendiri juga turut memberikan penjelasan terkait dengan tingkat komponen dalam negeri pada motor Gesits yang kini terlapor sudah mencapai 89 persen. Sementara itu, 11 persen sisanya masih impor seperti lampu depan dan belakang dan juga shock breaker.

Tak hanya itu saja, ia juga mengungkapkan jika nantinya motor listrik Gesits juga akan dijual dengan harga lebih murah dari harga motor listrik lainnya, dan bahkan harga yang kompetitif dengan produk motor konvensional.

Top