Penjualan Sigra Mulai Salip Xenia, Ini Kata Daihatsu!

Daihatsu Sigra Kini Lebih Laris Ketimbang Xenia – Persaingan ketat di segmen mobil Low MPV Indonesia memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Pasalnya, hal tersebut secara tak langsung memicu beberapa produsen untuk memperbarui atau menelurkan mobil keluarga yang memang saat ini masih menjadi dambaan masyarakat Tanah Air.

Namun, hal tersebut tampaknya tak sejalan dengan Xenia yang tak lain milik Daihatsu. Bukan tanpa alasan mengingat penjualan low multi purpose vehicle (LMPV) Xenia yang juga diklaim jadi andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), kini mulai disalip Sigra. Bahkan, mobil murah tujuh penumpang andalan pabrikan asal Jepang ini, menjadi kontributor pertama hingga 25 persen.

Daihatsu Sigra Kini Lebih Laris Ketimbang Xenia

Dengan bergesarnya penjualan antara Daihatsu Xenia dan digantikan Sigra, apakah konsumen sudah mulai bosan dengan kembaran Toyota Avanza ini?

Terkait dengan spekulasi yang muncul tersebut, dalam hal ini Hendrayadi Lastiyoso yang mana selaku Marketing & CS Division Head PT Astra International Tbk, Daihatsu Sales Operation (DSO) pun menanggapinya. Ia berpendapat bahwa sebenarnya penjualan Xenia yang mulai bergeser bukan karena masyarat sudah bosan, atau model baru LMPV ini yang tidak kunjung datang. Menurutnya, harga jual yang lebih terjangkau menjadi salah satu faktor penyebabnya.

“Itu masalah keterjangkauan harga saja. Jadi, begitu ada MPV LCGC (Daihatsu Sigra), ada pilihan baru yang terjangkau,” jelas Hendrayadi saat berbincang dengan wartawan, di Ambon, Maluku pada Sabtu (17/11/2018).

Tak sampai di situ saja, bahkan Hendrayadi pun juga mengungkapkan jika dengan kondisi seperti saat ini maka secara tak langsung Daihatsu Sigra dianggap menjadi pilihan yang lebih bagus.

“Bahkan, kalau mereka belum mampu beli MPV, Xenia, nah Sigra jadi pilihan,” tegasnya.

Sementara itu di sisi lain, sebagai tambahan informasi saja bahwa jika melihat data yang ada, dari Januari sampai Oktober 2018, penjualan Daihatsu Sigra terjual sebanyak 39.530 unit secara retail. Sedangkan untuk penjualan Daihatsu Xenia, baru terkirim sebesar 25.728 unit.

“Jadi yang saat ini jadi backbone-nya Daihatsu adalah Sigra. Jadi, tidak aneh kalau Sigra jadi yang terlaris di Ambon, yang kalau tidak salah kontribusi nya 43 persen,” pungkasnya.

Tentu, dengan pernyataan pihak Daihatsu tersebut, tampaknya pihak pabrikan tak terlalu kaget dengan fakta yang terjadi dimana Sigra telah menggeser Sigra.

Top