Kymco Pamer Konsep Motor Supersport Bermesin Listrik

Konsep Supersport Buatan Kymco Mulai Unjuk Gigi – Motor bermesin listrik kini tengah naik daun. Tak hanya dari sektor skutik, trail atau motor model sepeda, bahkan kendaraan bertenaga listrik kini sudah mulai merambah di segmen model motorsport. Tentu saja, fakta ini memberikan sinyal bahwa bakal ada pergeseran di masa depan, dari motor konvensional ke motor bertenaga listrik.

Nah, terkait dengan motor supertsport listrik, tampaknya model tersebut dihadirkan oleh pabrikan asal Taiwan, yakni Kymco. Hal itu diketahui mengingat Kymco telah memperkenalkan motor tersebut pada pameran EICMA 2018 di Milan, Italia. Dimana, pabrikan asal Taiwan tersebut dilaporkan membawa SuperNEX yang diketahui merupakan konsep motor listrik yang ditujukan bagi pengguna atau konsumen yang menginginkan kecepatan dan gaya berkendara sporty bermesin listrik.

Konsep Supersport Buatan Kymco Mulai Unjuk Gigi

Jika dilihat dari segi desain fisiknya, motor listrik buatan Kymco ini sekilas mengingatkan akan produk MV Agusta. Hal itu tak lepas dari upaya pihak Kymco yang lebih fokus pada tiga hal. Ketiga faktor tersebut antara lain seperti indikator pada suara sporty seperti mesin pembakaran bensin, rasa pergantian gigi transmisi dan kecepatan tinggi.

Sementara itu di sisi lain, 2 problem terakhir yang ingin diatasi Kymco untuk melengkapi motor listrik buatannya ini yakni dengan mengusung sistem transmisi enam percepatan pada motor elektrik SuperNEX. Penggunaan model transmisi ini, menurut Kymco sendiri, tak lepas dari pengalamannya mengingat mengganti gigi transmisi adalah elemen vital dari pembuatan motor sport.

Tak hanya itu saja, bahkan sistem transmisi yang akan digunakan ini juga diklaim bakal mampu memaksimalkan efisiensi baterai dan responsif motor listrik yang berpengaruh pada akselerasi dan kecepatan puncak yang lebih tinggi. Kymco mengklaim SuperNEX dapat bergerak dari diam hingga 100 kpj dalam waktu 2,9 detik saja.

Untuk suara motor listrik yang senyap, Kymco menggunakan Active Acoustic Motor yang secara dinamis menciptakan suara dari mesin. Suara mesin artifisial ini akan membangkitkan rasa emosional dan respon dari pengendara disamping juga menjadi alat komunikasi untuk menunjukkan kecepatan.

Namun, sangat disayangkan sekali bahwa sampai detik ini, pihak Kymco masih enggan memberikan sedikit bocoran terkait dengan spesifikasi motor listrik yang akan digunakan.

Hanya saja, satu yang pasti bahwa dari pihak Kymco sendiri, melalui CEO Kymco Allen Ko mengungkapkan jika motor konsep SuperNEX merupakan ini adalah sebuah supersport. Sehingga, untuk spesifikasi maupun fitur yang disematkan pada motor ini tidak terlalu banyak bicara mengenai unsur kepraktisan akan tetapi lebih berkonsentrasi pada sensasi dan emosional yang datang dari motor performa tingginya.

Top