Mesin Bermasalah, Yamaha Recall R25 dan MT-25

Yamaha Recall Ribuan Motor R25 dan MT-25 – Recall pabrikan otomotif Indonesia tampaknya jarang terjadi. Namun, tampaknya saat ini salah satu pabrikan motor asal Jepang, yaitu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah memberikan pemberitahuan untuk melakukan recall beberapa motor buatannya.

Dimana, pabrikan berlogo garpu tala tersebut diketahui telah mengumumkan recall terhadap dua produk motorsport mereka. Antara lain Yamaha R25 dan MT-25 produksi 2014 sampai 2017. Dimana, menurut konfirmasi dari pihak YIMM, kedua motor sport tersebut dilaporkan terindikasi masalah. Tentu saja, hal ini patut menjadi perhatian serius bagi para pengguna kedua motor tersebut mengingat berkenaan dengan performa mesin pacu.

Yamaha Recall Ribuan Motor R25 Dan MT 25

Secara lebih detail dan teknis, diketahui bahwa masalah yang ada pada Yamaha R25 dan MT-25 ini terletak pada spring torsion (berkenaan dengan kinerja mesin) dan selang (hose) radiator. Hal itu disampaikan oleh pihak Yamaha melalui GM Motorsport & Aftersales PT YIMM, M. Abidin. Dimana, selain memberikan detail mengenai bagian apa yang bermasalah, ia juga mengungkapkan jumlah kedua model yang terkena recall tersebut.

“Untuk selang radiator, R25 sebanyak 25.137 unit dan MT-25 sebanyak 6.755 unit. Untuk masalah spring torsion R25 sebanyak 20.567 unit dan MT-25 sebanyak 5.308 unit,” ucap Abidin saat dihubungi pada Rabu (21/11/2018).

Terkait dengan pemberitahuan ini, demi memberikan kenyamanan dalam berkendara maka dalam hal ini Abidin mengingatkan, terkhusus bagi para pemilik R25 dan MT-25 yang terdampak masalah ini, untuk segera datang ke bengkel R Shop terdekat mulai 28 November mendatang. Penggantian kedua komponen ini tidak dikenakan biaya apapun/

Tak hanya itu saja, bahkan Abidin juga menjelaskan pengerjaan kedua masalah tersebut memerlukan waktu sekitar 60 sampai 120 menit.

” Untuk hose radiator sekitar 60 menit, sedangkan spring torsion sekitar 120 menit,” ucap Abidin.

Di sisi lain, dengan adanya recall yang dilakukan oleh pihak Yamaha Indonesia ini mengindikasikan jika pihak pabrikan asal Jepang ini masih terus menggali dan mengembangkan setiap model yang diluncurkan. Sehingga, jika ditemukan bug atau problem maka langsung dilakukan tindakan, seperti recall pada Yamaha R25 atau MT-25.