Akhirnya, Avanza dan Rush Kalahkan Xpander

Salip Xpander, Avanza dan Rush Naik Tahta Lagi – Pesona Xpander menjadi model MPV bergaya SUV memang mampu membius masyarakat Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan penjualannya yang selalu meningkat sejak awal tahun 2017 lalu. Bahkan, kedigdayaan Avanza sebagai rajanya MPV selama 10 tahun lebih pun tersingkir akan kehadiran Xpander.

Meski demikian, namun wibawa Toyota memang masih berkena di hati masyarakat Tanah Air. Pasalnya, menginjak akhir tahun 2018 ini, Toyota Avanza kembali menjadi mobil terlaris di Indonesia pada Oktober 2018 kemarin. Tentu saja, fakta tersebut terjadi setelah angka penjualan secara wholesale (dari pabrik ke dealer) mobil sejuta umat tersebut berhasil unggul dari rivalnya, Mitsubishi Xpander.

Salip Xpander, Avanza Dan Rush Naik Tahta Lagi

Sementara itu di sisi lain, jika melihat dri data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka penjualan keseluruhan Toyota Avanza pada Oktober 2018 lalu sudah mencapai 9.358 unit. Tentu saja, angka tersebut menunjukkan adanya sebuah peningkatan yang bisa dibilang sangat signifikan setelah pada September 2018 hanya mencatat distribusi sebanyak 6.151 unit.

Tak sampai di situ saja, yang menarik bahwa ternyata Toyota Avanza bukanlah satu-satunya produk Toyota Astra Motor (TAM) yang berhasil menenggelamkan Mitsubishi Xpander. Bukan tanpa alasan mengingat Toyota Rush model terbaru pun juga telah berhasil meraih  angka penjualan sebanyak 6.588 unit selama Oktober 2018 kemarin. Dengan begitu maka bisa disimpulkan jika pencapaian penjualan tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari September 2018 yang mencapai 5.797 unit.

Di sisi lain, justru kini Mitsubishi Xpander harus puas berada di posisi ke tiga dalam deretan mobil terlaris di Indonesia. Sebab, jika mendasarkan atas sumber yang sama, angka distribusi mobil LMPV ini selama bulan Oktober 2018 kemarin mencapai 5.408 unit.

Angka yang dicapai oleh MPV buatan pabrik berlogo tiga berlian tersebut menunjukkan penurunan yang cukup signifikan, mengingat nyaris 1.000 unit. Bukan tak ada sebab mengingat faktanya pada September 2018, angka penjualan secara wholesale Mitsubishi Xpander bisa mencapai 6.276 unit dan mengalahkan Toyota Avanza dan Toyota Rush.

Dengan melihat capaian yang diraih Avanza dan Rush tersebut maka Mitsubishi harus bisa mengambil pelajaran bahwa jangan terlalu cepat percaya diri mengingat Toyota masih dikenal sebagai produsen rating tinggi di Indonesia.