Permintaan Xpander Membludak, Mitsubishi Stop Produksi Pajero

Demi Xpander, Mitsubishi Hentikan Produksi Pajero – Banyaknya pesanan Xpander yang kini masih terus mengalir, membuat Mitsubishi berplir strategi guna memenuhi pesanan dari para konsumen. Hal itu tentu wajar dilakukan sebagai bentuk pelayanan kepada para konsumen setianya.

Terkait strategi apa yang akan digunakan, dalam hal ini Mitsubishi kabarnya justru akan mengorbankan aktivitas produksi, yaitu dengan menghentikan produksi Pajero Sport di Indonesia. Sport utility vehicle (SUV) menengah ini bakal beralih produksi ke Thailand kemudian diimpor utuh (completely built-up/CBU) ke Indonesia yang nantinya akan dimulai 2019.

Demi Xpander, Mitsubishi Hentikan Produksi Pajero

Namun, dipastikan bahwa penghentian produksi pesaing Fortuner itu hanya bersifat sementara, demi memenuhi produksi model lain, Xpander yang mana memang saat ini permintaannya di pasar domestik Indonesia tengah membludak.

Tak sampai di situ saja, bahkan pabrikan berlogo tiga berlian ini pun juga menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor low multi purpose vehicle (LMPV), sehingga kapasitas menjadi terbatas.

Sementara itu, jika melihat catatan terakhir sampai Agustus 2018, pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pun juga telah mengaku jika sampai detik ini sudah membukukan penjualan Xpander hingga 80.000 unit. Dari jumlah itu, sekitar 60.000-an unit sudah dikirim ke tangan konsumen.

Sedangkan di satu sisi, untuk soal peningkatan produksi, dalam hal ini Osamu Masuko selaku CEO Mitsubishi Motors juga pernah mengatakan bahwa produksi Xpander akan ditingkatkan 20 persen atau secara angka dari 100.000 unit sampai tahun fiskal 2018 menjadi 120.000 unit.

Akan tetapi, sangat disayangkan sekali bahwa Head of Sales & Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Imam Choeru Cahya tidak mau memberikan komentar lebih terkait hal tersebut.

“Saya belum bisa berkomentar, karena itu ranahnya dari MMKI dan Kementerian Perindustrian. Kalau saya hanya mengurus soal penjualan saja,” ujar Imam kepada Kompas.com, Rabu (28/11/2018) malam.

Terlepas dari itu, sebagai tambahan informasi saja bahwa model SUV pesaing Fortuner ini, yaitu Pajero Sport sebenarnya sudah mulai diproduksi di Indonesia akhir 2017, dimulai dari varian Dakar Ultimate, kemudian menyusul Exceed yang ikut dipindahkan dari Thailand ke pabrik Mitsubishi di kawasan industri GIIC, Delta Mas, Bekasi, Jawa Barat.

Top