Peluncuran Gesits di Indonesia Semakin Jelas

Gesits Mulai Dapatkan Kode NIK dari Pemerintah – Belum lama ini, akhirnya PT Gesits Technologies Indo (GTI) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya dikabarkan telah siap memproduksi skutik Gesits pada Oktober 2019 mendatang. Kepercayaan diri ini semakin tinggi sejak pemerintah secara resmi memberikan Kode Perusahaan dan Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK) pada skuter listrik karya anak bangsa tersebut.

Dikabarkan bahwa secara resmi, nomor kode perusahaan dan NIK tersebut langsung diberikan oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elekronika (Dirjen Ilmate), Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kepada pihak Gesits.

Gesits Mulai Dapatkan Kode NIK Dari Pemerintah

Terkait dengan berita ini, menurut pernyataan yang disampaikan oleh Dirjen Ilmate Kemenperin, Harjanto dikatakan bahwa memang Gesits menjadi industri kendaraan bermotor listrik pertama di Indonesia yang menerima kode perusahaan dan NIK dari Kemenperin.

“Kami mendukung penuh kelancaran proyek sepeda motor listrik Gesits sesuai instruksi Presiden karena merupakan karya anak bangsa,” kata Harjanto saat penyerahan kepada Direktur PT Wijaya Karya Manufaktur, M.Samyarto, dan disaksikan CEO PT GTI Harun Sjech di Jakarta pada Kamis (29/11/2018).

Sedangkan di satu sisi, dalam hal ini Harun pun juga turut menjelaskan bahwa untuk semua proses pengurusan Kode Perusahaan dan NIK ini bukan hal yang mudah. Pasalnya, Haru menyampaikan jika seluruh tahapan prosedur yang dilakukan memang berlangsung cukup cepat sekali.

“Hampir tidak ada waktu terbuang percuma. Semua proses berjalan cepat, mulai dari pengajuan permohonan hingga selesai. Dan, terpenting, tidak ada biaya dalam pengurusan, sangat profesional,” tambah Harun.

Sementara itu di sisi lain, sebagai tambahan informasi saja bahwa untuk kode perusahaan dan NIK yang dikeluarkan Kemenperin menjadi dasar bagi Gesits untuk diakui sebagai kendaraan hasil rakitan dalam negeri.

Tentu saja, dengan adanya dokumen tersebut maka motor listrik karya anak bangsa ini bisa menjalani pengujian tipe sebagai langkah untuk diakui sebagai kendaraan legal di jalan raya.

Selain itu, dikabarkan pula bahwa Gesits sendiri akan segera diproduksi secara massal pada Oktober 2019 mendatang di Indonesia.