Spesifikasi dan Harga Honda Scoopy FI Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Honda Scoopy FI – Demi melengkapi produk-produknya biasanya sebuah produsen otomotif baik itu motor atau pun mobil menciptakan produk yang lebih spesifik untuk kalangan tertentu. Salah satu hal tersebut dilakukan oleh produsen motor terkenal di Indonesia yakni Honda yang menciptakan sebuah produk sepeda motor dengan segmentasi skuter matik yang di khususkan untuk kaum hawa saja. Produk tersebut adalah Honda Scoopy FI yang sudah dirilis sejak tahun 2010 dan mendapatkan pembaharuan pada Oktober 2014 lalu. Seperti diketahui bahwa skutik ini memiliki tampilan yang berbeda dengan skutik-skutik lainnya karena sangat kental dengan aliran retro modern. Nah sekeren apakah Honda Scoopy FI ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

honda scoopy fi

Meskipun skutik Honda Scoopy FI ini diciptakan khusus untuk kelas segmented alias hanya kalangan tertentu yaitu lebih tepatnya kaum wanita, namun siapa sangka penjualan Honda Scoopy FI ini sanggup memberikan angka penjualan yang cukup besar dan memuaskan. Hal tersebut dikarenakan Honda Scoopy FI mampu menduduki peringkat ke enam dari penjualan motor terlaris di Indonesia pada tahun 2014 lalu. Skutik Honda yang diciptakan khusus untuk kaum hawa ini memiliki desain membulat yang begitu stylish dan fashionable karena sangat kental dengan aliran retro modern. Untuk mesinnya meskipun kelas bawah yakni mengusung mesin berkapasitas 110 cc dengan PGM-FI tenaganya pun masih bisa diandalkan dan tergolong irit. Untuk lebih lengkapnya marilah simak ulasan Mas Sena mengenai Honda Scoopy FI pada segmen-segmen berikut ini.

motor honda scoopy fi

Spesifikasi Honda Scoopy FI

Desain Retro Modern nan Stylish

Baik lah bro dan sis, pertama kita ulas bagian desain terlebih dahulu ya dari spesifikasi Honda Scoopy FI. Jika kita lihat bersama bro dan sis pasti sudah tau mengenai aliran desain yang dianut oleh Honda Scoopy FI ini. Yup! Benar sekali salah satu skutik andalan Honda ini memiliki desain seperti sendok yang berbentuk bulat atau kurva. Dengan desain tersebut tak ayal membuat skutik ini memiliki aliran Retro Modern yaitu memiliki nuansa klasik namun dikemas dengan sentuhan modern masa kini sehingga terlihat sangat stylish, elegan dan fashionable. Penampilan tersebut tentu sangat cocok untuk perempuan yang berjiwa muda dan bergaya. Jok luas yang terdapat pada spesifikasi Honda Scoopy FI pun akan terasa nyaman untuk pengemudi dan penumpang yang didukung oleh dashboard pijakan kaki yang luas semakin membuat nyaman perjalanan pengendara.

Lampu Metro Proyektor nan Stylish

Mendukung tampilan Retro Modern pada bodi dari spesifikasi Honda Scoopy FI memiliki lampu yang sangat stylish dan cool. Mengaplikasikan konsep desain lampu depan berjenis singlet proyektor yang pertama dalam skuter matik di Indonesia membuat pencahayaan semakin terang sehingga sangat mendukung untuk perjalanan dalam kondisi gelap atau malam hari. Lalu untuk lampu seinnya yang berada di pinggiran sayap yang menyatu dengan Honda Scoopy FI ini semakin membuat tampilan skutik ini terlihat stylish. Apalagi didukung degan lampu dan sein bagian belakang yang memiliki desain lampu baru dengan bentuk seperti membulat membuat tampilan belakang menjadi lebih trendy dan stylish. Sekaligus memberikan fungsi pencahayaan stop lamp yang jelas untuk pengendara dibelakang pengguna. Emblem mewah berkelas dengan tulisan latin Scoopy pun semakin menambah gaya dan keren Honda Scoopy FI ini.

spesifikasi honda scoopy fi

Panel Indikator Speedometer Simple Berkelas

Untuk mendukung tampilan bodi yang memiliki desain membulat atau berbentuk kurva tersebut maka desain speedometer yang diaplikasikan pada spesifikasi Honda Scoopy FI berbentuk bulat penuh yang semakin membuat tampilan skutik ini lebih classic, mewah dan berkelas. Di dalam speedometer Honda Scoopy FI tersebut memiliki beberapa panel indikator, seperti indikator kecepatan, indikator bensin, indikator lampu, indikator lampu sein dan indikator mesin PGM-FI. Dengan panel-panel speedometer pada Honda Scoopy FI yang cukup lengkap dan informatif yang mudah dibaca tersebut maka dalam berkendara semakin terasa aman dan nyaman.

Kaki-kaki berukuran Sedang yang Tangguh

Spesifikasi Honda Scoopy FI yang memiliki tipe rangka tulang punggung (Backbone) ini didukung dengan kaki-kaki yang tangguh. Mulai dari ukuran ban yang menggunakan velg 14 inci berukuran sedang yakni 80/90 pada bagian depannya dan 90/90 pada bagian belakangnya membuat pijakan Honda Scoopy FI ini terasa cukup stabil dan lincah untuk melaju di jalanan umum. Untuk mendukung handlingnya pun diberikan suspensi teleskopik pada bagian depan dan suspensi monoshock pada bagian belakangnya membuat skutik ini terasa cukup lincah dan gesit untuk bermanuver setiap saat. Sedangkan untuk sistem pengereman dari spesifikasi Honda Scoopy FI menggunakan piringan cakram dengan kaliber piston tunggal pada bagian depan dan jenis tromol pada bagian belakangnya dirasa cukup baik untuk mengurangi atau menghentikan laju skutik Honda ini.

Advertisement

spesifikasi motor honda scoopy fi

Dimensi Cukup Ramping dan Ringan

Spesifikasi Honda Scoopy FI pada dimensinya, terasa cukup ramping dan ringan karena hanya berukuran 1.856 x 694 x 1.060 mm dengan berat 96 kg saja. Tentu dengan dimensi tersebut membuat pengendara terasa mudah dalam mengendalikan skutik retro modern ini. Didukung oleh kapasitas tangki bahan bakar yang mencapai 3,7 liter membuat Honda Scoopy FI ini mampu menempuh perjalanan jarak jauh dalam sekali pengisian bahan bakar yang dilakukan. Bahkan dengan kapasitas bagasi yang super luas yakni mampu menampung kapasitas 15,4 liter membuat pengendara Honda Scoopy FI leluasa dalam menyimpan barang pribadi pada saat melakukan perjalanan menggunakan skutik retro dari Honda ini.

Dapur Pacu Mungil yang Pas dan Irit

Saatnya untuk mengulas dapur pacu dari spesifikasi Honda Scoopy FI ini. Meskipun mesin skutik ini tergolong dalam kelas entry level yang menggunakan pilihan mesin paling kecil yakni berkapasitas 108 cc namun tenaga skutik ini masih dapat diandalkan untuk jalanan perkotaan yang mempunyai karakter Stop and Go. Mesin 4 langkah SOHC  berkapasitas 108 cc yang menggunakan rasio kompresi pembakaran 9,2:1 tersebut dapat memuntahkan tenaga maksimal Honda Scoopy FI sebesar 8,52 PS dengan torsi maksimal yaitu 8,68 Nm. Untuk penyalur tenaga tersebut skutik yang memiliki transmisi otomatis ini menggunakan jenis transmisi V-Matic membuat penyaluran tenaga lebih halus dan maksimal. Sedangkan untuk penyuplai bahan bakar, spesifikasi Honda Scoopy FI menggunakan sistem Injeksi PGM-FI yang membuat berkendara lebih gesit dan irit. Dengan seliter bensinnya skutik ini dapat menempuh jarak yang cukup jauh yakni mencapai 59 km/liter. Sangat irit bukan bro dan sis?

Fitur Lengkap Comfortabel

Nah setelah Mas Sena mengulas semua bagian dari spesifikasi Honda Scoopy FI mulai dari sisi desain sampai dengan dapur pacunya maka pada segmen kali ini Mas Sena akan mengulas Honda Scoopy FI dari sisi fiturnya yang cukup lengkap. Pertama adalah fitur standar samping otomatis yang menjadi trendseter skutik di Indonesia yang mana dengan fitur ini mesin akan tidak dapat menyala apabila standar samping dalam keadaan menyala. Lalu kedua ada fitur tuas pengunci rem yang juga merupakan trendseter skutik di Tanah Air yang dapat mencegah motor loncat saat mesin dihidupkan dan akan membuat nyaman pengendara saat berhenti di jalanan tanjakan atau turunan. Kemudian ada pijakan kaki pembonceng yang didesain minim getaran, stylish dan keren sehingga membuat nyaman pembonceng di sisi belakang. Pada sisi depan Honda Scoopy FI juga anda mendapatkan tambahan sebuah visor dengan bentuk yang unik dan stylish dengan bahan aklirik untuk melindungi speedo meter dari pancaran sinar matahari.

Selanjutnya ada pula kunci panel pintar pada spesifikasi Honda Scoopy FI yang akan mengamankan kunci kontak dengan sistem bermagnet yang dapat mengurangi resiko terjadinya pencurian. Serta juga dapat dengan mudah membuka jok dengan menekan tombol seat pada bagian dashboard panel kunci pintar tersebut. Ada juga rak serba guna yang didesain praktis dan nyaman sehingga memudahkan pengendara Honda Scoopy FI dalam menyimpan barang-barang pribadi yang dirasa penting. Masih ada tambahan fitur Air Cleaner Garnish yang memiliki aksen keren untuk membantu melancarkan sirkulasi udara pada motor. Dan yang terakhir adalah fitur terbaru yakni Answer Back System yang mana dengan menekan tombol pada kunci maka skutik ini akan memberikan respons dengan suara dan lampu sein yang menyala. Dengan fitur tersebut akan memudahkan pengguna dalam mencari posisi Honda Scoopy FI apabila pengguna lupa akan posisi skutik retro modern ini.

Honda Scoopy FI

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 1.856 x 694 x 1.060 mm
Jarak Sumbu Roda 1.256 mm
Jarak terendah ke tanah 140 mm
Berat kosong 96 kg
Kapasitas tangki bahan bakar 3,7 liter
Rangka
rangka Tulang punggung
Tipe suspensi depan Teleskopik
Tipe suspensi belakang Lengan ayun dengan sokbreker tunggal
Ukuran Ban Depan 80/90 – 14 M/C 40P
Ukuran Ban Belakang 90/90 – 14 M/C 46P
Rem Depan Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem Belakang Tromol
Mesin
Mesin 4 langkah, SOHC
Kelas 110
Volume Langkah 108 cc
Diameter X Langkah 50 x 55 mm
Perbandingan Kompresi 9,2 : 1
Daya Maksimum 6.27 kW (8,52 PS) / 8.000 rpm
Torsi Maksimum 8.68 N.m (0,89 kgf.m) / 6.500 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 0,7 liter pada penggantian periodik
Tipe Kopling Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Tipe Transmsi Otomatis, V-Matic
Pola Pengoperan Gigi
Tipe Starter Pedal & Elektrik
Kelistrikan
Tipe Battery MF battery, 12 V – 3 Ah
Busi NGK CPR9EA-9 DENSO U27EPR9
Pengapian Full Transisterized, Baterai

Harga Honda Scoopy FI

Nah itulah ulasan lengkap mengenai Scoopy FI ini. Ga terasa ya bro dan sis kita telah tiba di segmen harga Honda Scoopy FI terbaru yang merupakan segmen terakhir dari ulasan panjang dan menarik skutik retro modern ini. Bagaimana menurut bro dan sis mengenai Honda Scoopy FI ini? Menurut Mas Sena skutik retro dari Honda yang memiliki desain aliran retro modern terlihat sangat stylish, fashionable dan trendy sehingga sangat cocok untuk Cewek ABG yang berjiwa muda. Untuk mesinnya walaupun memiliki kelas entry level dirasa cukup bertenaga. Bahkan dengan mengaplikasikan penyuplai bahan bakar injeksi teknologi PGM-FI membuat skutik ini sangat irit sehingga cocok bagi pelajar yang membutuhkan kendaan praktis dan irit. Lalu berapakah harga Honda Scoopy FI terbaru yang dibanderol di Indonesia ini?
harga honda scoopy fi

Sesuai dengan konsepnya yang berbeda dengan skutik lainnya meskipun memiliki mesin kelas entry level membuat harga Honda Scoopy FI ini memiliki harga yang cukup tinggi namun masih terjangkau. Untuk sebuah motor matik unik ini di Indonesia ini dibanderol dengan harga Rp. 16.650.000. Masih terjangkau bukan? Menurut Mas Sena harga Honda Scoopy FI tersebut cukup sebanding karena degan menggunakan skutik ini kita akan merasakan suasana retro yang classic sekaligus modern. Serta skutik ini juga menawarkan keiritan bahan bakar yang baik sehingga menjadi rekomendasi bagi bro dan sis yang sedang mencari tunggangan skuter matik. Lagi pula motor ini dapat menjadi pilihan alternatif bagi kaum hawa karena bentuknya yang sangat mendukung dengan tinggi ground clearance yang rendah akan memudahkan untuk menaiki dan mengendarainya. Bagaimana nih bro dan sis, sekalian giliran Mas Sena akan menanyakan apakah kalian berminat untuk memiliki motor skutik dari Honda ini setelah mengetahui harga Honda Scoopy FI terbaru?

harga honda scoopy fi terbaru

Harga Honda Scoopy FI
Rp 16.800.000,- (OTR Jakarta)

Mas Sena kembali mengingatkan kepada bro dan sis yang ingin membeli motor ini jika harga Honda Scoopy FI terbaru yang Mas Sena sampaikan adalah harga On The Road DKI Jakarta saja. Buat bro dan sis yang tinggal di daerah akan mengalami sedikit perbedaan harga dikarenakan faktor distribusi produk yang berbeda-beda wilayahnya. Jadi Mas Sena menyarankan untuk segera menanyakan mengenai kepastian informasinya pada dealer-dealer Honda terdekat dari tempat anda tinggal. Pastikan anda membawa pulang motor ini dengan harga Honda Scoopy FI yang terbaik. Segmentasi yang diincar Honda dengan mengeluarkan skutik ini adalah kalangan muda yang menyukai motor dengan desain stylish dan keren. Lagi pula motor ini adalah pelopor teknologi injeksi matik di Indonesia. Dukungan teknis banyak tersedia pada bengkel AHASS yang jumlahnya mencapai lebih dari 10.000 di tanah air. Jadi bagi bro yang memang menginginkan motor ini maka keputusan untuk membeli Honda Scoppy FI adalah pilihan yang tepat. Demikianlah ulasan harga Honda Scoopy FI terbaru pada segmen terakhir ini yang sekaligus menutup perjumpaan Mas Sena pada kesempatan review kali ini. Sampai jumpa!. Baca juga Yamaha Fino dan Honda Vario 150 eSP.

Top