Avanza-Xenia Facelift Masih dalam Tahap Wacana

Toyota Masih Sembunyikan Avanza-Xenia Facelift – Tak dapat dipungkiri, kehadiran Xpander memang memicu Toyota untuk bergerak melakukan inovasi pada Avanza-Xenia. Tak hanya itu, bahkan sampai detik ini berbagai macam informasi terkait kedua MPV tersebut mulai meruak. Salah satunya menyebutkan kalau low MPV andalan Toyota dan Daihatsu tersebut akan mendapatkan pembaruan, Januari 2019.

Sementara itu, menyangkut rumor terkait perubahan yang akan diterapkan, termasuk pemberian varian baru Xenia dengan mesin 1.5L, memang sudah mulai terungkap juga. Meski begitu namun pada saat diminati penjelasan detail, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto justru hanya berkomentar jika produk baru tentu akan ada di setiap tahun.

Toyota Masih Sembunyikan Avanza Xenia Facelift

“Sebenarnya tidak cuma Toyota ya, semua merek pasti akan memberikan produk baru. Produk barunya apa? Ya ditunggu,” ucap Soerjo yang ditemui di Jakarta pada Kamis (6/12/2018).

Tak hanya itu, Soerjo sendiri juga berpendapat bahwa hampir semua merek akan berlomba-lomba menghadirkan produk baru. Menurutnya, hal ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan daya beli masyarakat yang mungkin dinilai menurun pada suatu produk serta membuat produk tersebut atraktif di mata masyarakat.

Dalam sisi lain, Soerjo memberikan sebuah gambaran terkait dengan langkah yang dilakukan pabrikan China, yang sebelumnya menghadirkan produk MPV kemudian beralih ke SUV. Tentu saja, dipastikan jika sebelumnya pabrikan tersebut pastilah sudah melihat ada potensi pasar di sana.

Tak sampai di situ, Soerjo pun juga tak menampik jika pengembangan produk dilakukan oleh seluruh pabrikan, termasuk Toyota. Selain itu, pastinya bakal ada riset ke konsumen misal melihat kebutuhan konsumen MPV low penggerak roda depan atau belakang.

Akan tetapi, setelah dikembangkan melalui studi, dengan Toyota memiliki 22 model produk yang ditawarkan, apakah lantas akan langsung dikeluarkan ke pasaran?

Merespon pertanyaan tersebut, Soerjo mengungkapkan bahwa akan ada waktunya sendiri yang tepat.

“Diandaikan, setiap tukang masak punya resep sendiri. Setiap produsen memiliki resep sendiri. Sebetulnya bagaimana mereka bisa buat resep sendiri karena konsumennya akan berbeda. Toyota akan memenuhi sesuai karakter konsumennya,” ucap Soerjo.

“Jadi kalau ditanya apakah ada produk baru tahun depan, tentu saja ada. Paling sedikit jumlahnya sama dengan tahun ini,” ucap Soerjo.

Top