Pertamina Respon Era Kendaraan Listrik di Indonesia

Pertamina Buka Stasiun Pengisian Daya Listrik – Menyambut era kendaraan listrik, belum lama ini PT Pertamina (Persero) kabarnya telah meresmikan stasiun pengisian daya listrik dalam program Green Energy Station (GES) di SPBU COCO Kuningan pada Senin (10/12/2018). Tentu saja, realita tersebut semakin menjadi jelas terkait dengan langkah Pertamina dalam persiapannya menghadapi pergeseran dunia otomotif menuju kendaraan listrik.

Berkenaan dengan hal tersebut, Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa program GES sendiri merupakan program sinergi baik dari pemerintah maupun pihak swasta sebagai salah satu bentuk dalam memberikan sarana guna mendukung kendaraan listrik yang dipastikan bakal menjadi kendaraan masa depan. Seluruh pihak dalam suatu visi yang sama untuk menghadirkan ekosistem energi masa depan bagi Indonesia.

Pertamina Buka Stasiun Pengisian Daya Listrik

“Hari ini kami luncurkan pilot project Green Energy Station Pertamina untuk bagaimana kita kemudian bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi ke arah renew energy. Electric Vehicles (EV) adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari, karena itu kami bergegas mengembangkan dan menyediakan kebutuhan charging station kendaraan listrik,”ujar Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawat, dalam sambutannya pada Senin (10/12/2018).

Perlu diketahui bahwa ketiga konsep yang dimaksud tersebut merupakan konsep green dengan cara memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PTS) di area SPBU. Ke dua, hal itu juga diklaim merupakan konsep future yang memiliki EV charging station. Sementara itu yang ke ke tiga adalah sistem digital melalui MyPertamina yang menjadikan pembayaran di SPBU cahsless serta adanya self-service.

“Ada tiga jenis charging station yang kita luncurkan, pertama fast charging dengan daya pengisian full kurang dari 15 menit sebanyak dua unit, dua normal charging dengan pengisian full 30 menit, dan yang ketiga yang kita jual ke rumah-rumah,” ucap Nicke.

Dengan adanya program baru yang diresmikan Pertamina ini maka era kendaraan listrik di Indonesia tampaknya sudah semakin dekat.