Meski Penjualan Turun, Tahun 2019 Toyota Masih Pertahankan Sienta

Toyota Sienta Masih Akan Hadir Tahun Depan – Toyota Sienta menjadi salah satu produk MPV yang diperkenalkan Toyota pada tahun lalu dengan hasil penjualan yang bisa menyentuh angka 1.400-an unit per bulan. Meski sempat punya angka penjualan yang meroket saat perkenalan namun untuk saat ini Sienta per bulannya terjual di angka 400-an unit dengan total wholesale Januari – Oktober 2018 di angka 4.085 unit.Pertanyaannya, lantas kira-kira apakah Toyota tetap mempertahankan jualan MPV boxy ini?

Terkait dengan pertanyaan tersebut, dalam hal ini Director Administration, Corporate, & External Affair PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azzam turut mengungkapkan bahwa untuk saat ini pihaknya akan terus memproduksi Sienta meski angka penjualannya turun.

Toyota Sienta Masih Akan Hadir Tahun Depan

“Sienta oke-oke saja. Naik turun wajar-wajar saja. Tidak stop produksi, tahun depan masih akan berlanjut,” ucap Bob saat ditemui Selasa lalu.

Akan tetapi, hanya saja tampaknya Bob tidak memberikan penjelasan detail apakah ada strategi baru untuk Sienta, seperti pembaruan, di tahun depan. Selain itu, Bob sendiri pun juga turut menegaskan bahwa Sienta akan terus diproduksi lokal meski pada target awal akan memproduksi 4.000 unit per bulan.

Sementara itu di sisi lain, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor ( TAM), Fransiscus Soerjopranoto pun juga turut serta memberikan sebuah penjelasan mengenai angka yang didapat Sienta belakangan ini. Dimana, ia berpendapat bahwa angka penjualan Sienta merupakan angka nyata permintaan MPV tersebut. Bahkan, Soerjo mengungkapkan market Sienta sudah terpenuhi saat launching pertama kali.

“Jadi kalau melihat angka saat ini itu nyata permintaannya. Jadi marketnya Sienta sudah terpenuhi saat peluncuran . Buat kita ya tidak apa-apa,” ucap Soerjo di kesempatan berbeda.

Tak sampai di situ saja, bahkan Soerjo sendiri juga mengungkapkan bahwa untuk soal tinggi tidaknya jualan suatu model itu bergantung pada berbagai macam faktor. Antara lain seperti model, produk, desain, harga, sale promotion. Selain itu, menurut Soerjo sendiri, model Sienta ini justru dinilai sangat menarik dari sisi model MPV karena tidak ada yang menyamainya.

Akan tetapi, patut untuk diakui juga bahwa masalah pada Sienta adalah produk tersebut hanya dilirik di kota-kota besar. Bukan sekedar hoax semaa namun terlihat saat pengenalan Sienta di berbagai kota besar banyak yang melakukan pemesanan.

“Tapi coba bayangkan kalau di luar daerah, dibawa ke kota Lampung, daerah Tulang Bawang yang cukup jauh. Tidak terlalu menarik. Apalagi untuk kelas di bawah tujuh penumpang. Jadi memang diakui Sienta khusus di kota besar,” ucap Soerjo.