All New Xenia 2019 Bakal Usung Mesin 1.5 Liter, Harganya?

Daihatsu Pastikan Xenia 2019 Bawa Varian Mesin 1.5 Liter – Sebagaimana dengan rumor yang berkembang, PT Astra Daihatsu Indonesia (ADM) dikabarkan bakal segera merilis model Xenia anyar tahun 2019 depan. Bahkan, kabar tersebut memicu spekulasi tentang berapa banderol harga dari Low MPV ini.

Dimana, jika mendasarkan atas laman resmi yang dikutip dari Samsat DKI Jakarta, tampak sebuah nama XEN15RAT dengan kode (F654RVGQDFJ) dan XEN15RMT (F654RVGMDFJ). Dalam laman tersebut, juga tertulis nilai jual (harga dasar) dengan tipe transmisi manual Rp 149 juta dan otomatis Rp 158 juta.

Daihatsu Pastikan Xenia 2019 Bawa Varian Mesin 1.5 Liter

Meski ada bocoran banderol, namun satu yang harus dipahami bahwa besaran banderol itu bukan harga yang siap dilepas buat pasar Tanah Air. Namun, kabar mengenai harga Xenia 2019 tersebut hanya nilai jual yang belum terkandung tambahan pajak, biaya balik nama (BBN) dan lain-lain. Dengan kata lain bahwa hasil hipotesa Xenia baru pun makin meruncing, tinggal menunggu peluncuran dan harga resmi.

Tentu saja dengan adanya kabar ini maka dipastikan nantinya daya gedor untuk bertarung di segmen LMPV semakin kuat. Dimana, nantinya kelak Xenia bisa mengandalkan dua mesin, 1,3 liter dan 1,5 liter.

Nah, berbicara soal dapur pacu, besar kemungkinan jika nantinya mesin yang bakal dipakai adalah unit sama seperti Toyota Avanza Veloz, Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Yang mana akan menggunakan mesin 2NR-VE 1,5 liter Dual VVTi. Jika tak ada ubahan, maka tenaga yang dihasilkan sebesar 103 hp pada 6.500 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.400 rpm.

Untuk memberikan hasil performa yang mumpuni maka akan dipadukan dengan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan. Hal ini sebagaimana dengan yang sebelumnya pernah diklaim oleh Toyota dalam situs resminya. Dalam situs tersebut, tertulis keterangan bahwa mesin hanya menenggak bahan bakar sebesar 16 km/liter (kombinasi). Lebih kurang berlaku juga pada Xenia model 2019.

Menurut situs itu pula, pilihan mesin 1,5 liter hanya dibubuhkan pada Xenia kasta tertinggi, alias varian R. Dan hanya ada dua tipe saja yang ditawarkan.

Di sisi lain, untuk sekadar perbandingan saja, perlu untuk diketahui bahwa banderol harga dari Xenia R 1,3 liter punya empat tipe yang dibanderol mulai dari Rp 198,5 juta hingga Rp 217 juta (R AT Custom) on the road Jakarta. Apalagi Daihatsu gemar mengiris potongan harga yang rapat, sebagai strategi bisnis di pasar yang gemuk itu.

Top