Trend Avanza-Xenia Facelift Belum Berdampak pada Harga Mobkas

Jelang Akhir Tahun, Harga Mobil Bekas Masih Stabil – Menjelang akhir tahun 2018 ini, memang pasar otomotif di Indonesia relatif masih stabil. Meski ada beberapa rumor mengenai produk baru namun tak banyak berpengaruh pada grafik transaksi kendaraan, baik mobil atau sepeda motor.

Berkenaan dengan kestabilan pasar otomotif nasional, memang beberapa bulan terakhir ini informasi mengenai Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia facelift tengah ramai diperbincangkan di berbagai media, khususnya media online. Seperti terkait dengan bagaimana bocoran ubahan, estimasi harga hingga spekulasi tanggal peluncuran.

Jelang Akhir Tahun, Harga Mobil Bekas Masih Stabil

Meski menjadi sebuah rumor yang menggemparkan nyatanya isu tersebut belum menggoyang harga Avanza-Xenia di pasar mobil bekas. Banderol mobil sejuta umat itu masih cukup stabil, bahkan diakui Halomoan Fischer Lumbantouran, Presiden Direktur mobil88 yang menyatakan bahwa sampai detik ini masih belum banyak yang menjualnya lagi.

“Jadi kalau dari harga masih tetap sama seperti sebelumnya, tidak naik dan tidak turun,” ucap Fischer ketika berbincang dengan Kompas.com belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan.

Di sisi lain, Fischer melanjutkan bahwa tradisi apabila keluar model baru, otomatis harga mobil yang sudah ada di pasar mobil bekas ikut terpengaruh. Fischer juga memprediksi bahwa jika hal ini terjadi maka besarnya nilai penyusutan atau depresiasi bisa mencapai Rp 10 jutaan.

“Biasanya seperti itu, tetapi ini belum terjadi di kami. Permintaannya juga masih cukup tinggi,” kata Fischer.

Tak sampai di situ saja, menurut Fischer sendiri, ia berpendapat bahwa untuk pasar otomotif di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) atau multi purpose vehicle (MPV) sendiri di mobil88 selalu mendominasi penjualan. Periode Januari-November 2018 berkontribusi 45 persen atau paling tinggi di anatara segmen lain.

Berkenaan dengan Avanza-Xenia Facelift yang mulai jadi trending topik di pasar otomotif nasional, tentu menjadi kabar baik. Meski demikian, ternyata animo masyarakat, terutama para penggemar Avanza-Xenia masih belum menunjukkan sebuah respon yang lebih tinggi terhadap rumor ini. So, tak ayal jika hal ini berpengaruh pada harga mobil bekas yang masih stabil sampai detik ini.

Top