Hyundai Pastikan Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Mobil Listrik Hyundai Siap Diproduksi di Indonesia – Tampaknya rumor terkait dengan upaya pabrikan Hyundai Motor Corporation (HMC) yang berencana membuat pabrik di Indonesia kini semakin gencar. Tentu saja, hal ini kian memicu berbagai spekulasi terkait dengan model mobil apa yang akan diluncurkan di Tanah Air.

Satu yang menari bahkan pabrikan asal Korea Selatan ini kabarnya sudah menyuplai dana investasi sebesar 880 juta dollar Amerika Serikat. Kabarnya, dana investasi tersebut nantinya juga akan digunakan untuk produksi kendaraan listrik di Tanah Air.

Mobil Listrik Hyundai Siap Diproduksi Di Indonesia

Sementara itu di satu sisi, berdasarkan laporan yang dikutip dari Reuters.com, dilaporkan bahwa Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Harjanto pun turut memberikan penjelasan. Ia mengatakan bahwa pabrik Hyundai yang berafiliasi dengan Kia Motors tersebut sudah memasang target untuk memproduksi 250.0000 unit mobil per tahun. Dari jumlah itu, kabarnya juga termasuk untuk mobil listrik.

Adanya upaya untuk memproduksi mobil listrik di Tanah Air tentu juga tak lepas dari potensi pasar di Indonesia. Pasalnya, menurut hasil survey Hyundai, Indonesia memiliki cadangan biji nikel laterit yang cukup banyak. Komponen tersebut sangat penting untk memproduksi baterai lithium yang digunakan pada mobil listrik.

Kemudian di lain sisi, jika mengutip dari jumlah produksi tersebut, dikabarkan 53 persen produknya dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar eksport. Sementara untuk pasar domestiknya sendiri diproyeksikan hanya 47 persen.

Saat mengkonfirmasikan hal ini ke Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia Hendrik Wiradjaja pun turut membenarkan bila pihak prinsipal telah bertemu dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pekan lalu.

Akan tetapi hanya saja, untuk kabar kepastian mengenai beberapa faktor penunjang, seperti pabrik, produksi mobil listrik, dan masalah investasi sampai saat ini diklaim Hendrik belum ada pengumuman resmi dari HMC. Yang jelas, di tahun depan Hyundai sudah punya rencana untuk memproduksi mobil listrik di Indonesia.

“Minggu lalu memang sempat bertemu, tapi kami sendiri belum dapat info kelanjutannya seperti apa. Untuk update terakhir yang kami dapat saat ini sedang tahap negosiasi lahan untuk membangun pabrik di area Jawa Barat. Kalau negosiasinya berhasil, otomatis 2019 nanti mulai proses pembangunan,” ucap Hendrik pada Jumat (21/12/2018).