Toyota Benamkan Mesin BMW pada Supra Generasi Terbaru

Permintaan Konsumen, Toyota Supra Gunakan Mesin BMW – Kabar mengenai kehadiran Toyota Supra generasi terbaru kian santer. Dan bahkan belum lama ini rumor menguat menyebut bahwa Toyota Supra terbaru akan menggunakan mesin 3.0 liter 6 silinder segaris. Dimana, dapur pacu atau jantung mekanis yang digunakan tersebut sebenarnya bukan buatanToyota saja, melainkan hasil kolaborasi dengan pabrikan mobil mewah lain, BMW. Hal ini tak lepas dari kerjasamanya bersama BMW.

Pasalnya, jika flashback pada tahun 2007 silam, Toyota dan BMW menandatangani kesepakatan untuk pengembangan mobil sport bersama. Hasilnya, sebuah mesin inline enam silinder, yang sama digunakan pada BMW Z4 M40i dan M340i terbaru. Memang, tak menutup kemungkinan jika ini bakal membuat kecewa sebagian penggemar Supra, yang sangat sensitif terhadap penggunaan komponen non-orisinal.

Permintaan Konsumen, Toyota Supra Gunakan Mesin BMW

Akan tetapi, ada alasan kuat dan logis mengingat kali ini penggunaan mesin BMW pada Toyota Supra model terbaru ini bukan tanpa alasan. Menurut Tetsuya Tada selaku chief engineer Toyota Supra, sebagaimana dengan laporan yang dilansir dari Motor1 (20/13) dikatakan bahwa hal ini justru dipicu permintaan konsumen. Dimana, banyak konsumen yang justru menginginkan mesin inline 6 silinder.

Bukan tanpa sebab mengingat keempat generasi sebelumnya juga mengusung tipe mesin ini yang seolah menjadi ciri khas Supra yang tak boleh dihilangkan. Toyota pun ingin mewujudkannya, tetapi langkah memproduksi sendiri mesinnya, ternyata kurang menguntungkan dari segi bisnis. Tentu, hal ini dikarenakan bahwa Toyota model Supra bukanlah produk yang ditujukan sebagai volume maker. Makanya, pemakaian mesin hasil kerja sama dengan BMW menjadi keputusan yang paling masuk akal.

Tak hanya mesin, sistem transmisi otomatis 8-percepatan juga berasal dari BMW. Walau begitu, jantung pacu ini tetap di-tuning tim Toyota, guna menyesuaikan dengan desain mobil.

Lantas berapa keluaran tenaganya?

Soal power dapur pacunya, Toyota sendiri juga sempat memberikan konfirmasinya bahwa nantinya Supra terbaru punya daya lebih dari 300 Tk. Hanya saja, untuk angka pasti dari semburan tenaga yang dihasilkan masih belum diketahui.

Meski begitu namun tampaknya apabila menelusuri dan melihat mesin 3.0 liter pada Z4 M40i yang meluncur duluan tahun 2018 ini, keluaran tenaganya sudah 382 Tk dan memiliki torsi 500 Nm. Bisa jadi tenaga Supra nanti melebihi angka itu.

Top