Sepele, Tapi Hal-Hal Ini Merusak Cat Mobil Lho…!

Hal-hal yang Tak Disadari Merusak Cat Mobil – Tampilan luar, mau tidak mau memang menjadi hal yang pertama dilihat oleh mata. Begitu juga dengan mobil. Penilaian orang pasti jadi lumayan anjlog, ketika cat mobil anda sudah tidak menarik lagi. Ngomong-ngomong soal cat mobil, memang banyak hal yang bisa merusak cat mobil. Sebut saja gesekan dengan tembok atau lebih parahnya gesekan dengan permukaan lain karena tabrakan, sampai dengan paparan panas matahari yang berlebihan. Kalau hal-hal itu sih, Mas Sena yakin anda sudah ngeh.

hal hal yang tidak disadari merusak cat mobil

Tapi hal-hal “sepela” berikut ini, ternyata tanpa disadari punya andil besar, yang bisa merusak cat mobil anda. So, jangan kaget jika ternyata kondisi cat mobil anda menjadi kurang bagus, karena hal-hal yang sering terjadi secara tidak sadar ini.

Menulis di Atas Mobil yang Berdebu.

Ini menjadi hal paling sepele, yang kadang kita lakukan dengan sadar. Kalaupun tidak, ada saja orang lewat yang iseng menulis pada debu yang menempel di permukaan mobil milik anda. Jika anda sendiri sering iseng melakukan itu, sebaiknya mulai distop! Menuliskan sesuatu diatas permukaan mobil yang berdebu, memang kelihatannya sepele. Namun hal itu dapat menimbulkan goresan pada cat mobil, walaupun hanya goresan kecil. Nah, untuk mencegah “keinginan” menuliskan sesuatu pada permukaan mobil yang berdebu, kebersihan mobil adalah kuncinya. Mobil yang permukaannya bersih, pasti meminimalisir tangan-tangan jahil, termasuk tangan anda untuk menggoreskan tulisan. Namun jika memang goresan-goresan kecil sudah terlanjur ada, andalkan polish untuk membantu anda menghilangkannya.

Alat cuci mobil

Kadang, kita tidak sadar kalau rusaknya cat mobil karena timbulnya goresan-goresan kecil, justru disebabkan karena kita ingin membersihkan mobil. Ini akan terjadi ketika anda membersihkan mobil dengan kain lap atau kanebo yang “terkontaminasi”. Kadang memang kita tidak sadar kalau kain lap atau kanebo tersebut tidak sengaja terjatuh dan membuat patikel-partikel kotoran seperti pasir menempel dengan suksesnya. Jika digosokkan pada cat mobil, maka sangat mungkin akan menimbulkan goresan pada cat. Penting juga lho untuk menggunakan air yang bersih ketika mencuci mobil. Air yang bersih disini maksudnya adalah air yang digunakan untuk mencelupkan kanebo atau kain lap. So, pastikan anda mencelupkan kain lap atau kanebo pada air yang bersih, agar tidak ada sisa-sisa pasir nakal yang bisa menimbulkan goresan pada cat.

Abu Hasil Bakaran dan Getah

Kita memang tidak bisa mencegah abu hasil pembakaran yang beterbangaun untuk menempel pada permukaan mobil kita. Tapi yang jelas, hal tersebut punya sumbangsih untuk merusak cat mobil lho. Abu hasil bakaran yang basah akan menciptakan asam basa yang dapat merusak cat mobil. Maka, jangan sembarangan membersihkan abu yang menempel di badan mobil dengan cara menyemprotkan air. Biarkan abu hilang secara alami terbawa angin saat kita berkendara. Baru sisanya dibersihkan dengan lap.

Sementara anda yang selama ini memarkir mobil dibawah pohon di pekarangan rumah anda, berhati-hatilah dengan getah. Kita memang  tidak akan pernah tahu kapan mobil terkena getah. Tapi walau terlihat sepele, ternyata getah juga dapat merusak cat mobil. Untuk yang satu ini, Mas Sena sarankan untuk menggunakan pembersih lem atau pembersih cairan lengket. Setelah itu, gunakan cairan pelindung cat. Baca juga Mitsubishi Siapkan MPV Sejuta Umat dan Pertamina Sponsor Resmi Lamborghini.

 

Top