Spesifikasi dan Harga Suzuki Thunder 125 Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Suzuki Thunder 125 – Apakah bro sekalian adalah seorang pria yang gagah dan maskulin? Jika iya maka simak ulasan Mas Sena mengenai salah satu produk  sport bike andalan Suzuki yang masuk ke dalam kelas entry level. Sudah tau kan bro mengenai produk Suzuki tersebut? Yap, produk sport bike tersebut adalah Suzuki Thunder 125 yang merupakan motor laki dengan style classic semi modern yang gagah. Motor gagah ini sebenarnya sudah diproduksi sejak tahun 90an namun pada tahun 2014 lalu si petir buatan Suzuki ini mendapat pembaharuan yang memiliki nama New Suzuki Thunder 125. Seperti apakah ketangguhan dan kegagahan Suzuki Thunder 125 ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya bro dan sis!

suzuki thunder 125

Sekedar informasi pada era tahun 1990-an Suzuki Thunder 125 dahulu diciptakan untuk melawan kedigdayaan motor 2 tak sekaligus membuka segmentasi baru yakni sport bike kelas 125 cc. Meski begitu Suzuki Thunder 125 ini berhadapan langsung dengan Honda Tiger, Honda Megapro dan beberapa motor laki lainnya. Menggunakan mesin berkubikasi 125 cc dan mengusung teknologi konvensional yaitu sistem karburator dengan CDI membuat sport bike ‘Entry Level’ milik Suzuki ini sempat merasakan kejayaannya pada awal tahun 2000an. Seiring perkembangan zaman maka produk sport bike Suzuki ini jalan di tempat dan gagal ‘move on’ karena hanya memiliki sedikit perubahan saja pada generasi terbaru Suzuki Thunder 125. Nah setangguh apakah motor Suzuki yang sempat menjadi primadona bagi kaum pria pada zaman dahulu? Simak ulasan lengkapnya mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Thunder 125 pada segmen-segmen berikut.

motor suzuki thunder 125

Spesifikasi Suzuki Thunder 125

Desain Classic yang Gagah

Baiklah bro dan sis, pertama kita ulas desain dari spesifikasi Suzuki Thunder 125 dulu ya! Jika kita lihat bersama desain yang diusung oleh Suzuki Thunder 125 ini terlihat simpel dan classic karena memang penciptaan sport bike ‘Entry Level’ andalan Suzuki ini disesuaikan dengan masanya yakni tahun 1990-an sampai awal 2000an. Namun dengan tangki yang besar khas motor laki serta memiliki lampu bulat yang terlihat tegas membuat sport bike Suzuki ini terlihat gagah dan maskulin. Sedangkan spesifikasi Suzuki Thunder 125 untuk bagian stoplampnya yang berukuran cukup kecil membuat tampilan belakang motor Suuki ini terlihat menarik dan fungsionalis. Stangnya pun mengandalkan stang Cruiser yang membuat si petir ini asyik dan nyaman untuk dibawa jalan-jalan jarak jauh ataupun dekat. Bahkan dengan mengaplikasikan striping yang simpel namun tetap membuat Suzuki Thunder 125 ini terlihat sporty dan maskulin.

Dimensi Gagah dan Mantap

Selanjutnya kita beralih ke sisi dimensi dari spesifikasi Suzuki Thunder 125 yang memiliki ukuran 1,945 x 735 x 1,110 mm dengan berat kosong 130 kg membuat motor Suzuki ini terlihat gagah dan terasa pas serta nyaman. Dengan dimensi tersebut Suzuki Thunder 125 ini mudah untuk dikendarai dan sangat nyaman dalam menemani perjalanan bro dan sis baik itu jarak jauh atau dekat. Tak hanya itu motor sport entry level ini juga menyuguhkan kapasitas penyimpanan bahan bakar yang sangat besar yaitu mencapai 15 liter. Ukuran ini bahkan mengalahkan sport bike kelas 150 cc yang berada pada kisaran angka 12 liter. Bahkan penutup tangki pada spesifikasi Suzuki Thunder 125 sudah mengaplikasikan model sport bike yang mana penutup tangkinya sudah rata tidak seperti generasi sebelumnya yang memiliki tonjolan. Dengan begitu pengendara Suzuki Thunder 125 akan dapat menempuh perjalanan jarak jauh dengan nyaman untuk sekali pengisian penuh yang dilakukan.

spesifikasi suzuki thunder 125

Panel Indikator Classic semi Digital yang Menarik dan Informatif

Pada desain panel indikator speedometer dari spesifikasi Suzuki Thunder 125 terlihat mengusung sedikit perubahan yang cukup signifikan dan menarik. Mengusung konsep classic dengan rasa sedikit modern karena memiliki 2 buah indikator analog berbentuk bulat yang menunjukkan kecepatan, kapasitas bahan bakar dan Rotation Per Minute (RPM) mesin. Serta di dalamnya terdapat indikator digital yaitu trip meter dan posisi gigi membuat Suzuki Thunder 125 ini semakin menarik dan nyaman untuk dikendarai karena panelnya yang begitu informatif. Tak lupa indikator mesin, lampu utama dan lampu sein akan memudahkan pengendara dalam menggunakan Suzuki Thunder 125 ini.

Kaki-kaki Handal dan Mantap

Advertisement

Dengan menggunakan tipe rangka berjenis tulang punggung (Backbone) membuat Suzuki Thunder 125 ini memiliki handling sport bike yang terasa mantap dan nyaman. Apalagi dengan diaplikasikan kaki-kaki yang cukup besar yaitu ban berukuran 80/90 pada bagian depan dan 90/90 pada bagian belakang yang dipasangkan dengan velg berukuran 18 inci membuat Suzuki Thunder 125 semakin terasa nyaman untuk melaju di jalanan perkotaan. Untuk suspensinya mengandalkan jenis teleskopik pada bagian depan dan dual shock pada bagian belakang semakin menambah mantap handling si petir ini dalam bermanuver di jalanan padat. Sedangkan untuk sistem pengeremannya, spesifikasi Suzuki Thunder 125 mengandalkan jenis piringan cakram pada bagian depan dan jenis tromol pada bagian belakangnya. Dengan pengereman tersebut membuat sport bike entry level ini dirasa memiliki kemampuan yang cukup baik untuk mengurangi laju atau menghentikan laju Suzuki Thunder 125 ini.

spesifikasi motor suzuki thunder 125

Dapur Pacu Mini tapi Handal

Saatnya mengulas dapur pacu dari spesifikasi Suzuki Thunder 125 ini. Meskipun Suzuki Thunder 125 merupakan sport bike kelas paling bontot karena memiliki kapasitas mesin 125 cc namun tenaganya masih dapat diandalkan. Bahkan untuk perjalanan jarak jauh atau touring karena selain mesin yang masih mendukung, dimensi dan ergonomis dari Suzuki Thunder 125 terasa sangat nyaman. Mesin tersebut berjenis SOHC 4 Langkah dengan silinder tunggal berkapasitas 125 cc dengan transmisi manual 5 percepatan dapat menghasilkan tenaga maksimum mencapai 11.28 PS pada 9.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 9.4 Nm pada 7.500 RPM dirasa handal untuk berakselerasi ataupun meraih top speed. Spesifikasi Suzuki Thunder 125 menggunakan penyuplai bahan bakar karburator konvensional dengan otak pemrosesan CDI menghasilkan tenaga yang cukup galak dan konsumsi bahan bakar tergolong irit yang mencapai 60 km per liternya untuk gaya berkendara santai. Sedangkan untuk berkendara biasa dapat menghasilkan konsumsi bahan bakar mencapai 43 km perliter. Lumayan juga ya bro dan sis!

Fitur Sport Bike ‘Entry Level’ yang Handal

Nah setelah mengulas si petir dari sisi desain sampai dapur pacunya, saatnya Mas Sena mengulas spesifikasi Suzuki Thunder 125 dari sisi fiturnya. Sesuai dengan zamannya yang di luncurkan pada tahun 2000an fitur yang ditanamkan pada Suzuki Thunder 125 terkesan jadul dan biasa saja. pertama adalah fitur PAIR (Pulsed Secondary Air Injection) yang memberikan kinerja mesin yang hemat bahan bakar serta ramah lingkungan. Lalu ada fitur tipe rangka Backbone yang diset-up senyaman mungkin sehingga pengendara akan mendapatkan posisi yang sangat nyaman serta mendapatkan stabilitas kemudi yang optimal dalam bermanuver. Setelah itu pada dashboard dari spesifikasi Suzuki Thunder 125 sudah diperbarui dengan adanya odometer digital yang dapat mengaktifkan tripmode. Pada spion motor sport ini juga dilakukan perubahan dengan semprotan chrome yang tampak lebih menawan.

Selanjutnya adalah fitur yang diaplikasikan pada kaki-kaki dari spesifikasi Suzuki Thunder 125 yang mana velg motor ini berbahan alumunium mag yang ringan sehingga akan menawarkan kelincahan dalam berkendara dengan motor ini. Ada juga komponen lubang pembuangan gas atau knalpot yang mengaplikasikan bahan full chrome membuat Suzuki Thunder 125 semakin mewah dan elegan. Tampilan yang dihasilkan chrome ini akan membuat silau bagi mata yang memandang. Dan untuk generasi terbarunya ditanamkan rocker arm terbaru yang dapat menyempurnakan kestabilan mesin. Serta ada pemasangan scissor gear yang dapat meredam suara dengungan pada daerah kopling Suzuki Thunder 125 ini.

Harga Suzuki Thunder 125

Nah itulah ulasan lengkap mengenai Suzuki Thunder 125 mulai dari sisi desain sampai dengan sisi fiturnya. Ga terasa ya bro dan sis kita telah tiba di segmen terakhir yang mengulas harga Suzuki Thunder 125 terbaru . Bagaimana menurut bro dan sis mengenai kesimpulan dari motor laki ini? Menurut Mas Sena sport bike ‘Entry Level’ ini cukup tangguh dan handal untuk menemani perjalanan anda dalam beraktivitas sehari-hari. Dengan dimensi spesifikasi Suzuki Thunder 125 yang cukup besar serta menawarkan riding position yang tergolong nyaman membuat perjalanan jarak jauh atau jarak dekat yang ditempuh akan terasa tidak cepat lelah dan pegal. Apalagi dengan kapasitas tangki bahan bakar yang sangat besar yang didukung dengan konsumsi bahan bakar yang irit membuat motor Suzuki ini dapat menempuh perjalanan jarak jauh pada sekali pengisian bensin secara penuh. Lalu berapakah harga Suzuki Thunder 125 yang dibanderol di Indonesia?

harga suzuki thunder 125

Sesuai dengan kelasnya yakni 125 cc, harga Suzuki Thunder 125 terbaru dibanderol cukup terjangkau untuk ukuran motor laki yang besar. Menurut informasi yang Mas Sena dapat motor laki ini hampir masuk Stop Produksi (Discontinue) dan hanya tinggal menghabiskan stok dibanderol dengan harga Rp 18.990.000. Menurut Mas Sena harga Suzuki Thunder 125 tersebut sangat sebanding dan terjangkau untuk kelas sport bike 125 cc karena motor ini tangguh dan irit. Sehingga untuk anda yang sedang mencari motor besar namun budget tidak terlalu banyak maka Suzuki Thunder 125 ini bisa menjadi opsi rekomendasi untuk membeli motor sport bike kelas entry level yang beredar di Indonesia. Namun memang untuk sekelas motor sport ini termasuk kurang cepat dimana pada saingan motor sport lain rata-rata menggunakan mesin dengan kubikasi mesin 150cc. Nah setelah mengetahui nilai plus dan minus yang terdapat pada motor ini serta mengetahui harga Suzuki Thunder 125 terbaru apakah anda akan berkeinginan untuk membelinya?

harga suzuki thunder 125 terbaru

Harga Suzuki Thunder 125
Sekitar Rp 18.990.000,- (OTR Jakarta)

Tetapi perlu bro semua ketahui apabila kisaran harga Suzuki Thunder 125 terbaru yang Mas Sena sampaikan dapat berubah sewaktu-waktu. Hal ini disebabkan karena motor sport ini adalah produk lama dan sudah tidak diproduksi lagi jadi kemungkinan harganya tidak akan stabil. Oleh karena itu apabila bro benar-benar berminat untuk memilikinya maka dapat mengunjungi dealer-dealer Suzuki terdekat untuk menanyakan mengenai informasi lengkap serta harga Suzuki Thunder 125 terbaru. Atau bro juga bisa menghubungi pasar-pasar motor bekas yang menyediakan motor Suzuki ini karena motor ini sudah tidak diproduksi lagi jadi kemungkinan pada dealer sudah tidak ada lagi produknya. Motor Suzuki yang sempat jadi primadona di masa lalu ini sudah memasuki akhir dari masa kejayaannya. Tetapi tidak salah apabila bro ingin bernostalgia dengan motor ini. Suzuki Thunder 125 juga sangat cocok untuk dimodifikasi ke model sport fairing dan street fighter. Jadi bagi bro yang menggemari modifikasi maka memilih motor sport ini adalah pilihan yang tepat. Mesin yang kurang garang pada motor Suzuki ini dapat dioprek untuk membuatnya dapat melaju lebih kencang lagi. Demikianlah ulasan harga Suzuki Thunder 125 terbaru pada segmen terakhir ini yang sekaligus menutup perjumpaan Mas Sena pada kesempatan review kali ini. Sampai jumpa. Baca juga Yamaha Vixion dan Honda CB150R.

Top