Tahun 2019, Harga Mobil Toyota Sudah Mulai Naik

Toyota Mulai Naikkan Harga Mobil – Menginjak awal tahun 2019 ini, tampaknya pasar otomotif nasional sudah mulai diramaikan dengan berbagai produk baru, seperti Avanza-Xenia facelift yang memang sebelumnya sudah ditunggu-tunggu kehadirannya. Nah, sementara itu di sisi lain, tampaknya di tahun 2019 ini, kenaikan harga produk kendaraan biasanya dilakukan produsen. Salah satunya dilakukan Toyota.

Dimana, dalam hal ini Wakil Presiden PT Toyota Astra Motor ( TAM) Henry Tanoto mengungkapkan bahwa untuk soal kenaikan tersebut bakal mulai diberlakukan mulai pada Juni 2019. Namun, ia menambahkan bahwa nantinya tidak semua produk Toyota mengalami kenaikan.

Toyota Mulai Naikkan Harga Mobil

“Januari memang ada penyesuaian. Hampir semua model naik, tapi ada juga yang tidak mengalami kenaikan,” ucap Henry saat ditemui Selasa (8/1/2019).

Sementara itu itu di satu sisi, berdasarkan atas data yang sudah didapat, memang perlu diakui jika rata-rata kenaikan produk Toyota sekitar Rp 1 juta sampai Rp 4 juta. Jika melihat data yang ada, memang untuk tingkat kenaikan berbeda pada produk CBU yang mendapatkan variasi penyesuaian mulai Rp 3 juta-Rp 25 juta.

Tak sampai di situ saja, bahkan Henry pun juga turut menerangkan jika faktor kenaikan harga bisa beragam mulai dari ongkos produksi, logistik, pajak BBN, dan lain. Termasuk penerimaan pasar terhadap suatu produk.

“Itu jadi dasar kita mengambil keputusan menaikkan harga atau tidak. Nilai tukar mata uang juga jadi salah satu faktor, tapi tidak melulu karena itu harga kita naikkan,” ucap Henry.

Dengan begitu, tentu menimbulkan sebuah pertanyaan, bagaimana bila nilai tukar Rupiah menguat, apakah mungkin harga akan diturunkan? Henry mengungkapkan hal tersebut bahwa mungkin saja bisa dilakukan.

“Tinggal kita melihat faktanya seperti apa. Komponen harga kan banyak sekali, jadi itu mempengaruhi tapi bukan yang utama,” ucap Henry.

Terlepas dari itu, kenaikan harga mobil memang dirasa adalah hal yang wajar. Apalagi, saat ini sudah memasuki tahun politik yang mana secara tak langsung berpengaruh atau berdampak pada perubahan harga mobil di Indonesia.

Top