Hadapi All New Camry, Honda Siap Datangkan Accord 1.5 Turbo

Honda Segera Hadirkan Accord 1.5 Turbo ke Indonesia – All New Camry baru saja diluncurkan Toyota. Sedan tersebut kini hadir dengan kesan yang jauh lebih sporty dan menawan. Tentu, hal tersebut membuat para pesaingnya sedikit ketar-ketir, termasuk Honda yang tak akan berpangku tangan. Dimana, pabrikan berlogo huruf “H” ini tengah menyiapkan Honda Accord baru untuk bertarung di segmen sedan premium.

Di sisi lain, kabar ini juga turut tersirat dari laman Samsat Jakarta di kolom informasi nilai jual kendaraan bermotor. Dimana, dalam hal ini pihaknya juga turut mendaftarkan Accord bermesin 1,5 liter turbo milik Civic, sebagai varian tertinggi. Harga dasarnya Rp 538 juta.

Honda Segera Hadirkan Accord 1.5 Turbo Ke Indonesia

Sementara itu, jika melihat daftar itu, tampaknya tipe mesin 2,4 liter (naturally aspirated) lawas tetap tercantum. Besaran nilai dasar dua model: Rp 410 juta VTI dan Rp 500 juta VTIL. Angka ini bukan harga off the road dan belum termasuk tambahan beragam pajak. Dan sayang sekali, Honda tidak mendaftarkan varian hybrid. Padahal, Toyota saja berani memboyongnya ke sini, sebagai kasta tertinggi. Lalu berapa rentang harga resmi Honda Accord turbo?

Sedangkan di satu sisi, menurut situs resmi Samsat, dilaporkan bahwa nilai dasar Camry 2.5 V A/T Rp 490 juta. Semenjak dirilis kemarin, harga on the road Jakarta menjadi Rp 646,65 juta. Mungkin banderol Accord 1,5 liter turbo bisa di atas Camry. Bisa jadi, pajak tahunan Accord turbo lebih kecil dibanding versi 2,4 VTI. Sebab patokan pajak ditentukan kubikasi mesin.

Nah, apabila sedan premium ini nanti masuk ke Indonesia maka kemungkinan besar nantinya model ini akan diimpor dari Thailand. Yang mana, di Negeri Gajah Putih itu, nantinya Accord turbo tetap menawarkan banyak fitur. Wujudnya berupa pelek 17 inci, LED headlight and taillights, dual-zone climate control, smart entry with push button start, TFT digital meter 7 inci dan multi-angle rearview camera.

Selain itu, untuk soal soal jantung pacu, nantinya Honda akan mengusung tipe mesin 1,5 liter VTEC turbo menyuplai tenaga maksimal 192,3 Tk dan torsi puncak 260 Nm. Betul, mesin itu diadopsi dari Honda Civic turbo. Namun, insinyur Honda meracik ulang ECU dan engine untuk mengimbangi bodi yang bongsor. Jelas tenaganya lebih besar, dibandingkan Civic turbo yang hanya punya daya 169,6 Tk. Pilihan penyaluran daya pun sama. Menggunakan transmisi CVT yang halus.

Top