Masih Kuasai Tahta Low MPV, Penjualan Xpander Stabil

Avanza-Xenia Facelift 2019 Belum Bisa Kalahkan Xpander – Kompetisi di kelas low multi purpose vehicle (LMPV) yang tengah bergejolak di Tanah Air memang masih didominasi dua model, yaitu Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Tak sampai di situ saja, sampai tahun 2019 ini, perseteruan kedua mobil asal Jepang masih bakal sengit, dengan kehadiran model baru yang diproduksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM), yaitu new Toyota Avanza dan new Daihatsu Xenia.

Akan tetapi, tampaknya untuk pencapaian tahun 2018 lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pun juga turut mengklaim Mitsubishi Xpander kini masih mendominasi penjualan di kelas 1.500 cc. Dimana, menurut data yang ada, jumlah penjualan Mitsubishi Xpander terjual sebanyak 75.772 unit.

Avanza Xenia Facelift 2019 Belum Bisa Kalahkan Xpander

“Jadi, penjualan kami kalau di LMPV, market share 28 persen. Tapi, perlu kami sampaikan, penjualan Xpander murni di mesin 1.500 cc, sedangkan kompetitor ada mesin 1.300 cc,” jelas Budi Dermawan Daulay, Head of Sales & Marketing Region 1 Dept PT MMKSI di Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu malam (17/1/2019).

Tak hanya itu saja, Budi pun juga memberikan penjelasan mendetail bahwa untuk kompetitor sendiri, varian mesin 1.300 cc memang menjadi penyumbang terbesar. Akan tetapi, hanya saja apabila dilirik dari varian 1.500 cc maka menurutnya sudah bisa dipastikan Mitsubishi Xpander telah menguasai pasar di Indonesia.

“Dipastikan Xpander market leader di kelas LMPV 1.500 cc dengan market share sebesar 40 persen,” tegas Budi.

Sedangkan di sisi lain, menurut Irwan Kuncoro yang mana dalam hal ini selaku Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI pun juga turut angkat bicara. Dimana, baginya untuk membandingkan dengan kompetitor harus setara, atau apple to apple.

“Untuk MPV di kelas 1.500 cc, Xpander masih jauh lebih besar volume (penjualannya),” pungkasnya.

Selain itu, dengan adanya data penjualan Mitsubishi Xpander yang masih stabil tersebut, maka secara tak langsung seolah memaksa Toyota untuk segera meluncurkan Avanza versi ‘All New”, bukan facelift saja.

Top