Dapat Respon Positif, Honda pun Siap Produksi Cafe Racer 300cc

Honda Cafe Racer 300cc Nongol di Bangkok – Secara resmi, Honda akhirnya merilis motor retro buatannya, yaitu Honda 300 TT Cafe Racer di ajang otomotif Bangkok Motor Show 2019. Motor berkonsep retro tersebut pun juga berhasil mendapatkan respons positif secara global. Oleh sebab itu, tak heran jika perusahaan otomotif asal Jepang itu memutuskan untuk melakukan produksi tahun depan.

Sementara itu di satu sisi, sebagaimana laporan yang dilansir Motorbeam pada Selasa (22/01/19), Honda 300 TT Cafe Racer dipastikan bakal mengusung kerangka yang sama dengan CB300F dan CB300R. Namun, hanya saja perbedaan jelas terlihat pada sub-frame dan swingarm.

Honda Cafe Racer 300cc Nongol Di Bangkok

Selain itu, guna menunjang rasa nyaman pengendara maka motor pabrikan otomotif berlogo sayap mengepak tersebut diharapkan memiliki pengaturan suspensi untuk bagian depan.

Di sisi lain, jika dilihat dari segi mekanis, motor bergaya cafe racer itu akan ditenagai mesin yang sama dengan CB300R. Dimana, motor retro buatan Honda ini akan mengandalkan mesin DOHC 286cc, satu silinder. Menariknya, tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 304 Tk dan torsi 27 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan gearbox 6-speed.

Sedangkan di sisi lain, berkaitan dengan konsep motor ini, motor retro yang juga merupakan hasil karya divisi R & D Honda Jepang ini telah didaftarkan untuk hak patennya. Pengajuan ini dilakukan untuk mencegah pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya untuk menciptakan desain serupa.

Dalam prosesnya, Honda melucuti bagian panel instrumen dan kaca spion. Selain itu, beberapa bagian juga belum memenuhi regulasi seperti ekor pendek yang dimensinya tidak melampaui roda belakang dan knalpot tidak dilengkapi catalytic converter.

Mengenai soal desain, memang perlu diakui jika konsep yang diterapkan pada 300 TT Racer ini juga mendapat pengaruh dari CB1100F pada bagian tangki.

Konsep yang diusung ini pun tidak menutup spekulasi lain yang berguna untuk paket aksesoris bolt on bagi pemilik motor sejenis yang ingin berganti gaya dari naked bike biasa menjadi cafe racer atau scrambler.