Xpander Siapkan Serangan Balik ke Avanza-Xenia 2019

Hadapi Avanza-Xenia, Mitsubishi Persiapkan Xpander 1.3 Liter – Angka penjualan Xpander yang merupakan Low MPV buatan PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memang bisa dibilang menunjukkan trend positif. Tak hanya itu, bahkan mobil keluarga yang juga diklaim sebagai “musuh” berat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ini sudah menjadi pemimpin pasar untuk small MPV bermesin 1,5 liter dengan market share hampir 45 persen di tahun 2018. Itu artinya, penjualan Xpander sudah terkumpul sebanyak 75.772 unit sepanjang tahun 2018 lalu.

Sementara itu di sisi lain, Head of MMC Sales and Marketing Group PT MMKSI, Imam Choeru Cahya pun memberikan komentarnya. Dimana, ia menjelaskan bahwa untuk keseluruhan pasar small MPV, Mitsubishi Xpander meraih market share sebesar 29 persen. Akan tetapi, hanya saja Imam juga membaca, jika dihitung segmen 1,5 liter, Mitsubishi Xpander sudah menjadi penguasa pasar.

Hadapi Avanza Xenia, Mitsubishi Persiapkan Xpander 1.3 Liter

“Nah, kalau dihitung Avanza dan Xenia, mereka punya mesin 1,3 liter dan 1,5 liter. Kue paling banyak dari Toyota ini, ada di 1,3 liter, dan kami tidak punya itu,” jelas Imam di sela-sela gelaran Xpander Tons of Real Happiness di Summarecon Mall Serpong (SMS), Tangerang Selatan, Jumat (25/1).

Tak sampai di situ saja, bahkan pada saat ditanya terkait bagaimana strategi yang diterapkan oleh pabrikan tiga berlian ini untuk benar-benar menguasai pasar small MPV, dan ketertarikan untuk juga memiliki Mitsubishi Xpander dengan mesin 1,3 liter, pria ramah ini masih enggan berkomentar lebih lanjut.

“Saya sih menginformasikan ke prinsipal, mengenai kondisi pasar yang ada. Dan dari MMC juga sering turun ke bawah, untuk mendengar langsung door to door dengan konsumen, permintaan seperti apa,” tambah Imam.

Tak dipungkiri juga memang mengingat dalam hal ini pihak Mitsubishi sendiri juga menyadari, jika small MPV dengan mesin 1,3 liter paling banyak diserap pasar borongan atau fleet.

Walaupun menjadi rumor yang hangat, namun tetap saja sampai detik ini masih belum diketahui, apakah rencana untuk menghadirkan Xpander dengan mesin 1,3 liter benar-benar terjadi di masa mendatang. Jika memang benar demikian maka tak heran jika Avanza-Xenia 2019 bakal kembali keok.

Top