Airbag Bermasalah, Mitsubishi Indonesia Recall Ribuan Mobil

Mitsubishi Indonesia Recall Ribuan Mobil – Di tengah naiknya trend Xpander, belum lama ini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), selaku distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia memberikan sebuah pengumuman yang berupa program Field Fix Campaign (Kampanye Perbaikan). Kampanye tersebut ditujukan untuk kendaraan penumpang Mitsubishi Pajero Super Exceed, Delica, dan Lancer SEi.

Melalui siaran pers nya, pabrikan berlogo tiga berlian asal Jepang tersebut mengaku bahwa hal ini merupakan salah satu wujud kepatuhan terhadap ketentuan yang diatur dalam Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, khususnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 Tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor.

Mitsubishi Indonesia Recall Ribuan Mobil

Terkait dengan hal tersebut, perlu disampaikan juga bahwa kampanye perbaikan dilakukan bukan tanpa alasan. Dimana, hal ini karena adanya kemungkinan Body Inflator Airbag (komponen mekanis pengembang kantung udara) yang sangat rentah mengalami pecah. Sehingga, jika hal ini terjadi maka bisa menyebabkan terpentalnya material komponen yang berpotensi melukai pengemudi atau penumpang depan saat airbag mengembang setelah terjadinya tabrakan frontal.

Selain itu, diketahui juga bahwa pihaknya memberikan penjelasan yang menyebut jika penyebab body inflator airbag berpotensi pecah dikarenakan bahan kimia pengembang airbag, ammonium nitrate yang berubah dalam jangka waktu lama sehingga rusak karena pengaruh temperatur dan kelembaban.

Sementara itu, untuk varian mobil yang harus mengalami perbaikan ialah Pajero Super Exceed tahun 2008-2013 sebanyak 62 unit, Delica tahun 2014-2016 sebanyak 996 unit dan Lancer SEi tahun 2006-2012 sebanyak 220 unit.

Di samping itu, dalam hal ini pihak PT MMKSI sendiri melalui dealer kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di seluruh Indonesia akan sesegera mungkin mengirimkan surat undangan resmi kepada konsumen yang kendaraannya terlibat dalam kampanye ini.

Perlu untuk diketahui juga bahwa recall ini kabarnya telah dimulai sejak tanggal 1 Februari 2019 di seluruh dealer resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, Mitsubishi menyarankan bahwa setiap konsumen dapat menghubungi diler resmi terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kampanye perbaikan, sekaligus melakukan Service Booking.

Kegiatan ini memiliki estimasi pemeriksaan penggantian komponen dengan durasi tiga jam untuk model Pajero Super Exceed dan dua jam untuk Delica dan Lancer SEi.

Top