Skutik Ikonik Lambretta Bakal Masuk Pasar Tanah Air

Lambretta Bersiap untuk Masuk Pasar Otomotif Nasional – Untuk penggemar motor klasik, tentu saja tak asing dengan produsen bernama Lambretta. Yapz, salah satu pabrikan otomotif asal Italia tersebut kabarnya siap memasuki pasar Indonesia. Bukan sekedar hoax semata melainkan sebuah realita yang dibuktikan dengan hadirnya akun Instagram @lambrettaid. Terlihat setiap unggahan foto dalam akun tersebut terdapat hashtag #lambrettaindonesia.

Tak sampai di situ saja, bahkan salah satu foto pun juga mendapat keterangan coming soon to Indonesia. Tentu saja, hal tersebut menandakan bahwa skuter ikonik tersebut semakin siap bersaing dengan Vespa di pasar otomotif Tanah Air.

Lambretta Bersiap Untuk Masuk Pasar Otomotif Nasional

Sementara itu di lain sisi, jika menilik di pasar Thailand, memang negara ini telah lebih dulu disasar Lambretta dengan membawa dua model anyar. Yang pertama Lambretta V200 2019 yang dibanderol 99.500 baht atau Rp 43,5 juta. Selain itu, untuk model ke dua Lambretta V125 2019 yang mana ditawarkan 86.900 baht, setara Rp 38 juta.

Keduanya diluncurkan di Italia pada pertengahan Juni 2018. Thailand International Motor Expo 2018, pun dijadikan panggung untuk mengenalkan unit, hingga 10 Desember 2018.

Di satu sisi, sebagai tambahan informasi juga bahwa Lambretta ini pun diboyong ke Thailand oleh Dynamic Motors. Mereka ingin meramaikan pasar yang juga dimainkan oleh rival senegara, Piaggio Vespa.

Walaupun sampai detik ini masih belum ada keterangan resmi Lambretta model apa yang akan hadir di Indonesia, kemungkinan besar motor yang sama dengan di Thailand yang akan dipilih.

Di sisi lain, memang jika melihat konsep desain dan bentukan Lambretta ini, jika dibandingkan dengan Vespa tampak mirip. Walaupun begitu namun hanya saja untuk detail sangat berbeda. Misal lampu utama Lambretta berbentuk hexagonal (segi delapan) sedangkan Vespa berbentuk bulat dan mengotak. Lampu utama Lambretta V125 pakai teknologi LED. Kemudian pengisi daya USB dan starter elektrik dipasang sebagai standar.

Selain itu, untuk menunjang performa tenaga dari skutik ini maka dalam dapur pacunya tersebut tertanam jantung pacu satu silinder berpendingin udara dengan kubikasi 124,7 cc. Mesin 4-tak ini menghasilkan daya 10 Tk dan besaran torsi 9,2 Nm. Seperti Vespa, tenaga disalurkan ke roda belakang melalui gearbox CVT dan drive belt.

Sementara model V200 dilengkapi mesin bensin 169 cc. Dalam hal output, V200 menghasilkan 11,8 Tk dan dorongan torsi 12,2 Nm. Fitur yang dimiliki mirip dengan V125. Namun dengan tambahan sistem pengereman ABS.

Top