Pasar Avanza-Xenia Bekas Masih Tinggi

Dominasi MPV Bekas Masih Dikuasai Avanza-Xenia – Sebagaimana diketahui bahwa munculnya model terbaru Avanza dan Xenia secara langsung memang memberikan dampak positif pada pasar otomotif nasional, khususnya di segmen low MPV yang kini mulai kembali bergairah. Hadir dengan beberapa pembaruan, kedua model ini jadi incaran calon konsumen yang membutuhkan mobil keluarga dengan penumpang lebih dari lima orang.

Model terbaru tersebut ditawarkan tanpa perubahan harga dari model terdahulu. Apakah ini akan mempengaruhi pasar mobil bekas kedua model? Presiden Direktur Mobil 88, Halomoan Fischer mengungkapkan, kehadiran kedua model terbaru belum banyak berpengaruh dengan pasar mobil bekas terutama model Avanza dan Xenia terdahulu.

Dominasi MPV Bekas Masih Dikuasai Avanza Xenia

“Kehadiran keduanya tidak ada pengaruh kepada pasaran mobil bekas. Walau harga sama, tidak terpengaruh,” ucap Fischer yang ditemui beberapa waktu lalu.

Tak sampai di situ saja, bahkan Fischer pun juga turut mengungkapkan bahwa pasar mobil bekas memang melihat kehadiran mobil-mobil baru, terutama dari segi harga. Terutama konsumen akan lebih mempertimbangkan harga net jika dibandingkan dengan harga pricelist.

“Harga net itu ]dari pricelist dikurangi diskon. Nah pasar melihat di situ. Sampai sekarang tidak ada perubahan permintaannya, masih sama dengan sebelum peluncuran yang baru,” ucap Fischer.

Selain itu, dalam laporan lain disebutkan bahwa Mobil88 sendiri mengungkapkan apabila angka pejualan di awal tahun masih didominasi model low MPV dengan persentase 40 sampai 45 persen. Model kedua yang paling banyak dicari adalah city car dan hatchback dengan persentasi 15 sampai 17 persen.

Pedagang mobil bekas lainnya, Riky dari Nusa Indah Motor, Duren Sawit mengungkapkan kehadiran Avanza dan Xenia baru saat ini belum banyak pengaruh ke mobil bekas terutama model yang sama. Pasalnya kedua model tersebut selalu memiliki konsumen setiap bulannya meski ada pembaruan.

“Ada saja yang mencari Avanza dan Xenia. Paling banyak tahun 2017-2018. Soal harga meski tidak berbeda jauh, konsumen tetap melihat dari kebutuhannya dan dana yang tersedia,” ucap Riky.

Top