Pertamina Mulai Turunkan Harga BBM Mulai Agustus 2019

Agustus 2019, Harga BBM Alami Penurunan – Tak hanya soal mobil atau motor saja, menurut kabar terbaru, disebutkan bahwa PT Pertamina (Persero) kembali merevisi harga bahan bakar minyak (BBM). Menurut beberapa informasi valid yang telah tersebar, nantinya untuk penyesuaian atau penurunan harga baru resmi berlaku mulai 10 Agustus 2019 tepat pukul 00.00 waktu setempat (WIT,WITA, dan WIB).

Terkait dengan soal penyesuaian harga BBM nasional tersebut, dalam hal ini Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero) Mas’ud Khamid pun memberikan penjelasan. Bahwa, mengenai penyesuaian harga BBM di Indonesia ini memang sengaja dilakukan menyusul menurunnya harga minyak mentah dunia dan penguatan rupiah terhadap dollar Amerika Serikat.

Agustus 2019, Harga BBM Alami Penurunan

“Komponen utama penentu harga bersifat fluktuatif sehingga kami terus melakukan evaluasi terhadap harga jual BBM,” kata Mas’ud dalam siaran resmi Pertamina pada Sabtu (9/2/2019).

Sementara itu di sisi lain, untuk soal berapa besaran penyesuaian harga BBM yang turun menjadi lebih murah, kabarnya memiliki kisaran yang bervariasi sampai dengan Rp. 800 per liter. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar harga BBM terbaru (khusus DKI Jakarta) :

  1. Pertamax Turbo disesuaikan dari Rp 12.000 menjadi Rp 11.200 per liter
  2. Pertamax disesuaikan dari Rp 10.200 menjadi Rp 9.850 per liter
  3. Dexlite disesuaikan dari Rp 10.300 menjadi Rp 10.200 per liter
  4. Dex disesuaikan dari Rp 11.750 menjadi Rp 11.700 per liter
  5. Pertalite tetap Rp 7.650 per liter

Tak sampai di situ saja, bahkan untuk menunjang pemerataan harga maka Pertamina pun juga melakukan penyelerasan harga Premium (JBKP di wilayah Jawa, Madura, dan Bali) menjadi Rp 6.450 per liter sehingga sama dengan harga di luar Jawa, Madura, Bali.

“Adanya penyesuaian harga ini diharapkan dapat meningkatkan loyalitas masyarakat yang sudah menjadi pelanggan produk Pertamina. Sekaligus sebagai upaya perusahaan untuk mengajak masyarakat menggunakan produk-produk BBM berkualitas,” ucap Mas’ud.

Di satu sisi, dengan adanya penurunan harga BBM tersebut, setidaknya akan memberikan efek positif bagi berjalannya perekonomian nasional. Sehingga, tak heran apabila nantinya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah menjadi semakin tinggi.

Top