Toyota Bakal Suntik Mati Prius C

Toyota Bakal Stop Produksi Prius C – Tak hanya Vios atau Yaris saja, Toyota Prius C juga dillaim merupakan salah satu hatchback hybrid terlaris yang pernah dijual oleh pihak Toyota. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa mobil ramah lingkungan tersebut pertama kali diperkenalkan pada North American International Auto Show 2011 di Detroit.

Namun, sangat disayangkan sekali jika usia dari Prius C ini agaknya harus disudahi. Bukan tanpa alasan mengingat berdasarkan kabar terbaru yang dilansir Autoevolution, keberadaan Prius C disebut nantinya akan digantikan oleh Corolla Hybrid.

Toyota Bakal Stop Produksi Prius C

“Public mungkin tak akan lag melihat Prius C dalam waktu yang lama,” ujar Group Vice President Toyota Marketing, Ed Laukes, kepada Motor1.

Sementara itu di sisi lain, model Corolla Hybrid 2020 sendiri diperkirakan bakal menggunakan platform TNGA dan menggunakan sistem Hybrid Synergy Drive, yang mana teknologi ini juga dibenamkan oleh Prius.

Di satu sisi, model hybrid itu terdiri dari dua unit motor dan 1.8L Atkinson-ccycle. Perlu untuk diketahui bahwa kombinasi sistem hybrid itu diklaim sanggup menghasilkan tenaga 121 Tk yang disalurkan ke roda depan sebagai sistem penggeraknya.

Sedangkan di satu sisi, model Toyota Prius C sendiri pernah mendapat penyegaran dua kali, yaitu pada tahun 2015 dan tahun 2017. Mesin 1.5L dan motor listriknya menghasilkan tenaga 99 Tk.

Hanya saja, walaupun sempat menjadi mobil terlaris, akhir-akhir ini penjualan Prius C seperti ‘sekarat’. Tahun 2018, Toyota hanya menjual 8.339 unit di Amerika Serikat.

Jumlah keseluruhan dari penjualan Prius C itu jauh berlipat-lipat kecilnya jika dibandingkan tahun 2013, yang mana berhasil menjual 41.979 unit. Di pasar Eropa, bahkan Yaris Hybrid jauh lebih populer.

Jadi tak heran jika pihak Toyota sendiri berupaya untuk menghentikan produksi Prius C. Mengingat, popularitasnya sendiri tak setinggi Yaris dan beberapa hatchback lainnya.

Terlepas dari itu, saat ini Toyota lebih fokus di pasar Asia yang mana masih mengandalkan Avanza facelift yang abru saja dirilis perdana di Indonesia.

Top