Suzuki Masih Impor Ignis dari India

Suzuki Belum Ada Rencana Produksi Ignis secara Lokal – Wacana terkait dengan pihak Suzuki yang kabarnya bakal melakukan produksi lokal Ignis memang sebelumnya sudah terdengar sejak 2017. Akan tetapi, tampaknya hal itu baru isu semata mengingat sampai sekarang belum juga terlaksana. Maka, tak ayal jika mobil kota (city car) tersebut masih berstatus impor utuh (completely buid-up/CBU) dari India.

Sementara itu, menanggapi soal impor Ignis ini, Setiawan Surya yang mana menjabat sebagai 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan penjelasan bahwa perusahaan juga masih minta kepada prinsipal. Hal itu ditujukan supaya model tersebut bisa dirakit lokal. Selain itu, menurutnya juga bahwa Suzuki tidak bisa juga terlalu berharap pada skema impor.

Suzuki Belum Ada Rencana Produksi Ignis Secara Lokal

“Karena kalau sudah diproduksi lokal jelas akan lebih menguntungkan, bukan untuk lokal saja tetapi kan kami juga bisa melakukan kegiatan ekspor,” kata Setiawan ketika berada di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat pada Senin (4/3/2019).

Tak hanya itu saja, bahkan di sisi lain, Direktur Pemasaran PT SIS Donny Saputra pun juga turut menambahkan bahwa bukan serta merta dengan penjualan sudah cukup bagus model tersebut bisa langsung dirakit lokal. Pasalnya, menurut Donny, masih banyak beberapa faktor yang mempengaruhi hal itu, termasuk masalah strategi yang diterapkan oleh prinsipal.

“Jadi kami tetap usahakan agar Ignis bisa diproduksi di Indonesi, namun waktunya kapan kami juga belum tahu, tergantung dari prinsipal tentunya yang memiliki kewenangan,” ucap Donny.

Di sisi lain, perlu diketahui juga bahwa jika mendasarkan atas data penjualan yang dirilis Suzuki, memang sepanjang tahun 2018 lalu, Ignis sendiri secara total memang telah berhasil mencatat angka penjualan sebanyak 13.802 unit. Bahkan, yang menarik bahwa model ini juga diklaim menjadi raja city car di pasar otomotif nasional dengan pangsa pasar 45,5 persen.

Top