Pesanan Xenia 2019 Tercatat 4000 Ribuan Lebih

Inden Xenia 2019 Tak Selama Avanza 2019 – Setelah secara resmi dirilis pada 15 Januari 2019 lalu, model terbaru Low MPV andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), yaitu Daihatsu Xenia facelift 2019, kini sudah mendapat catatan pesanan hingga mencapai sekitar 4 ribuan unit (1,5 bulanan). Hasil tersebut, sudah melebihi penjualan model lawas, yang hanya sekitar 3 ribuan unit per bulan.

“Saya belum monitor yang terakhir ya, pasti di atas 4 ribuan unit,” jelas Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra, saat berbincang dengan wartawan di Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Inden Xenia 2019 Tak Selama Avanza 2019

Sedangkan di satu sisi, apabila melihat sang model kembaran yang juga diproduksi PT ADM, Toyota Avanza sudah mendapatkan pesanan 15 ribuan unit. Dengan catatan inden tersebut maka secara otomatis waktu tunggu atau waktu inden untuk pesaing Mitsubishi Xpander ini, mencapai 2 bulanan unit. Lantas, pertanyaannya, bagaimana dengan Daihatsu Xenia?

“Saya tidak tahu untuk Toyota Avanza, karena 15 ribu dua bulan. Suplai Januari jika melihat data Gaikindo 6 ribuan unit, Februari 6 ribuan unit. Kalau dilihat sudah 12 ribuan, dan dapat SPK 12 ribuan (Toyota Avanza), inden dua bulan, aku juga bingung,” tambah Amel.

“Kalau di Daihatsu, kita dapat SPK 4.000 sampai 5.000 unit, kemudian suplai 3 ribu (Januari-Februari), jadi enam ribu, kalau lihat begitu tipe by tipe berbeda, ada daerah yang butuh waktu panjang. Inden kita sekitar sebulanan paling lama,” tegasnya lagi.

Sementara itu di satu sisi lain, perlu untuk diketahui juga bahwa produksi Daihatsu Xenia sendiri, dalam hal ini pihak PT ADM sudah mengklaim dalam total produksi dalam jumlah normal. Bahkan, Februari yang jumlah hari kerjanya lebih sedikit, produksinya lebih banyak dari Januari 2019.

Terlepas dari itu, memang kemunculan Xenia facelift model 2019 ini sebagai upaya dalam bersaing dengan Xpander, bersamaan dengan Avanza 2019. Meski demikian agaknya tetap saja masih cukup sulit untuk mengalahkan Xpander yang sampai detik ini masih menjuarai pasar Low MPV di pasar Tanah Air.

Top