Nisan Pastikan Bakal Hadirkan Leaf ke Indonesia

Nissan Leaf Bakal Masuk Indonesia pada 2020 – Beberapa waktu lalu terdengar kabar bahwa salah satu produsen otomotif global, yaitu Nissan kabarnya akan membawa kendaraan listrik miliknya ke Indonesia pada tahun 2020 yang akan datang. Tak lain dan tak bukan yakni Nissan Leaf. Upaya pabrikan asal Jepang itu menjadi bagian dari rencananya dalam strategi marketing untuk mendorong era elektrifikasi di Asia Tenggara.

Hanya saja yang menjadi pertanyaan apakah pihak produsen, yang dalam hal ini PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sendiri sudah siap dengan kehadiran Leaf tersebut? Bukan tanpa alasan mengingat kendaraan listrik ini membutuhkan infrastruktur yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pengisian daya baterai.

Nissan Leaf Bakal Masuk Indonesia Pada 2020

Berkenaan dengan itu, Presiden Direktur NMI yang dijabat oleh Isao Sekiguchi pun memberikan penjelasan logis. Dimana, ia sendiri mengungkapkan bahwa pihaknya memahami tantangan yang akan dihadapi dengan mendatangkan Leaf. Apalagi, di sisi lain waktu yang disiapkan hanya satu tahun.

“Tapi kami tidak dapat menunggu sampai infrastruktur jadi. Kami yakin kedatangan produk Leaf ini nantinya dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik karena ini jadi rencana kami untuk pasar Asia Tenggara. Selain Indonesia akan ada Filipina juga. Kami harus ke sana (era kendaraan listrik), kami yakin ada pasarnya,” ucap Sekiguchi yang ditemui di Serang, Banten pada Senin (11/3/2019).

Tak sampai di situ saja, bahkan dalam pernyataannya, Sekiguchi meyakinkan jika nantinya produk yang akan didatangkan tersebut tidak akan bermasalah dengan minimnya infrastruktur yang belum hadir. Terlebih jarak tempuh Leaf menurut perhitungan Nissan tidak akan membutuhkan banyak pengisian daya.

Meskipun demikian adanya namun dalam hal ini Sekiguchi juga masih realistis. Ia tidak menutup mata bahwa ada tantangan terutama dari stasiun pengisian daya. Bagi konsumen rumahan, penggunaan listrik di rumah tidak akan masalah, berbeda dengan orang yang tinggal di apartemen.

“Itu yang kami lihat sebagai tantangan. Memang banyak yang harus disiapkan. Tapi kami tetap yakin mendatangkan Leaf tahun depan,” ucap Sekiguchi.

Top