Wanita Dilarang Mengemudi di New York. How?

Wanita Dilarang Mengemudi di New York – Apa yang ada di benak anda jika kita menyebut kata “New York”? Benar!!! Wilayah yang satu itu merupakan bagian dari Amerika Serikat yang sibuknya luar biasa. Kehidupannya pun sangat modern. Bagaimana tidak? New York memberi pengaruh besar terhadap perdagangan, keuangan, media, budaya, seni, mode, riset, penelitian dan hiburan dunia. Sebagai tempat markas besar PBB, kota ini juga merupakan pusat hubungan internasional yang penting. Namun, ternyata di kota semodern itu, masih ada wilayah yang melarang penduduk wanitanya untuk mengemudi. Bagaimana bisa?

wanita dilarang mengemudi di new york

Kalau kita bicara soal larangan mengemudi, pikiran kita pasti meloncat ke negara Arab Saudi. Benar! Di negara tersebut, muslimah atau wanita memang dilarang mengemudi. Bahkan larangan itu diatur oleh hukum melalui fatwa larangan yang dikeluarkan oleh Dewan Senior Ulama Negara. Larangan mengemudi bagi wanita di Arab Saudi mungkin bukan hal yang asing lagi. Tapi apa kabar jika larangan itu berlaku di New york?

Adalah Kiryas Joel, sebuah desa di pinggiran New York yang menerapkan aturan tersebut. Mengemudi dianggap kasus “luar biasa” buat wanita di desa berpenduduk 21.000 orang itu. Seorang wanita Kiryas berusia 23 tahun bernama Frimet Goldberger mengungkapkan kepada media, berada di balik kemudi berbahaya buat wanita. Mengemudi bahkan dianggap lambang perlawanan, kebebasan, dan kemandirian. Di Kiryas wanita seharusnya tetap terikat dengan suami dan komunitasnya. Ini dianggap berbahaya untuk diri wanita itu sendiri sekaligus keluarganya. Jika di Arab Saudi wanita yang mengemudi bisa ditangkap dan dihukum, lalu bagaimana jika seorang wanita di Kiryas Joel ketahuan mengemudi?

Risiko paling parah memang hanya sangsi sosial. Hal ini dikarenakan memang tidak ada landasan hukum untuk menindak pengemudi wanita. Bila ditemukan wanita mengemudi maka resikonya pelaku dan keluarganya akan dikucilkan, bahkan anak-anaknya dikeluarkan dari sekolah.

“Saat tumbuh besar, saya tidak pernah sadar ada kesempatan mengemudi. Tidak ada wanita di keluarga saya atau tetangga yang pernah melakukannya. Kami diajarkan, ‘tznius’, kerendahan kami, adalah taruhannya,” ungkap Goldberger Frimet seperti diberitakan oleh otomotif.kompas.

Goldberger pun kini memilih untuk keluar dan tinggal di Rockland. akhirnya ia pun punya surat izin mengemudi dan bebas mengemudi ke mana saja. Ehmmm bagaimana menurut anda soal aturan tersebut? Baca juga Mobil jadul yang Mulai Terlupakan dan Pertamina Kembangkan Bahan Bakar Standar Euro 5.

 

Top