Mengejutkan! Diam-Diam Penjualan Baleno Ungguli Honda Jazz

Awal 2019, Suzuki Baleno Salip Honda Jazz – Honda Jazz sepertinya benar-benar harus ikhlas melepas gelar mobil hatchback terlaris di Indonesia. Bukan tanpa alasan mengingat secara tiba-tiba, dari data wholesale (dari pabrik ke dealer) diketahui bahwa jumlah pembelian Honda Jazz mengalami penurunan yang terbilang cukup signifikan.

Sementara itu di satu sisi, apabila melirik atas data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan untuk Honda Jazz sendiri diketahui telah mencatatkan distribusi sebanyak 986 unit pada Februari 2019 lalu. Angka ini benar-benar turun drastis yang pada Januari 2019 saja sudah terpesan 1.423 unit.

Awal 2019, Suzuki Baleno Salip Honda Jazz

Hal sebaliknya justru dialami oleh salah satu pesaingnya, yaitu Suzuki Baleno yang mana kini justru menjadi mobil hatchback terlaris setelah distribusinya mengalami peningkatan yang signifikan. Pasalnya, jika melihat atas data yang tercatat pada Februari 2019 lalu, angka penjualannya mencapai 1.239 unit. Padahal, di Januari hanya 19 unit. Tentu ini adalah sebuah peningkatan yang benar-benar signifikan.

Di sisi lain, bahkan adanya tren penurunan penjualan ini tak hanya dialami oleh Honda Jazz saja. Sebab, dikabarkan pula bahwa penurunan penjualan juga dialami oleh Toyota Yaris dan terbilang cukup siginifikan, lebih dari 50%. Tercatat sebanyak 700 unit yang terdistribusi pada Januari dan turun menjadi 306 unit di Februari di tahun 2019.

Sedangkan di sisi lain, untuk soal penjualan secara wholesale, model lain yaitu Mazda 2 terbilang stabil. Hal itu bisa diketahui dari angka distribusi mobil ini naik sedikit dari 117 unit di Januari menjadi 138 unit pada Februari.

Tentu saja, adanya pergeseran tahta model hatchback terlaris di Indonesia yang tengah berjalan saat ini memang memberikan sebuah kejutan. Bahkan, penjualan beberapa model mobil perkotaan ini dirasa memiliki perubahan penjualan di luar nalar yang sangat memberikan efek kejut pada publik. Termasuk Honda yang harus rela dengan fakta ini.

Meski demikian, namun di sisi lain agaknya Honda sendiri pun juga saat ini diketahui sedang meracik model terbaru dari hatchback andalannya, Jazz. Kabar yang berhembus, ada banyak ubahan pada calon model teranyar ini.

Top