Meski Diperbarui, Mobilio Masih Tertinggal dari Xpander

Honda Puas dengan Mobilio 2019 Meski Kalah dengan Xpander – Ketatnya kompetisi di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) yang kini tengah berkembang di Tanah Air tampaknya memang tak ada selesainya. Hal itu ditunjukkan dengan tak sedikitnya pabrikan yang harus memutar otak, untuk setidaknya bertahan di segmen dengan penjualan paling besar tersebut. Salah satunya adalah PT Honda Prospect Motor (HPM) yang menghadirkan model baru Mobilio 2019.

Akan tetapi, hanya saja agaknya kehadiran model baru ini ternyata belum mampu membuat Honda Mobilio mendekati penjualan dengan penguasa pasar Low MPV di Indonesia saat ini, yaitu Toyota Avanza dengan penjualan Februari 2019 sebesar 5.700 unit dan Mitsubishi Xpander 5.532 unit. Wajar saja, mengingat penjualan Honda Mobilio model 2019 pada bulan ke dua tahun 2019 ini saja hanya terjual sebanyak 2.026 unit.

Honda Puas Dengan Mobilio 2019 Meski Kalah Dengan Xpander

“Oke lah Mobilio, kemarin sudah 2.000-an lebih. Mudah-mudah bisa continue di atas 1.000 -2.000 lebih kita sudah oke. Karena total Mobilio, BR-V family hampir 15 ribu. Total satu keluarga itu cukup besar,” jelas Jonfis Fandy Marketing & After Sales Director PT HPM di sela-sela media test drive Honda Brio, di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Tak sampai di situ saja, bahkan dalam kesempatan lain Jonfis pun juga berpendapat bahwa dengan pencapaian Honda Mobilio tersebut memang sudah sesuai dengan ekspektasi.

“Kalau konsumennya mau Brio ya kita produksi Brio. Karena kita tidak merasa saat seperti ini, market bertumbuh besar-besaran, kita bisa effort untuk stok barang ya, saya rasa setiap APM sama untuk stok barang tidak bisa, karena marketnya flat,” tegas Jonfis.

Sedangkan di sisi lain, dengan pasar yang flat ini, pabrikan harus efisien dan memproduksi sesuai dengan permintaan konsumen. Sehingga, setidaknya bisa memacu untuk bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar Low MPV yang ada di Tanah Air.

Terlepas dari itu, memang perlu diketahui bahwa pasar Low MPV di Indonesia sampai detik ini masih dikuasai oleh Avanza 2019 dan Xpander. Kedua model itu terbilang sangat sulit untuk disaingi.