Suzuki Pastikan Ignis Bakal “Senggol” Brio

Suzuki Ignis Mulai Ramai Dipesan Konsumen – Tahun 2018 lalu, Suzuki Ignis memang telah meraih posisi puncak sebagai city car terlaris di Indonesia. Namun, belum lama ini justru dikabarkan bahwa dalam dua bulan pertama di awal tahun 2019, tahta tertinggi city car itu direbut Honda Brio. Kondisi itu menjadikan Ignis menduduki peringkat ke dua di awal tahun 2019 ini. Kira-kira ada apa ya?

Sementara itu, jika berdasarkan atas laporan dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) distribusi dari pabrik ke diler untuk Brio selama Januari-Februari 2019 mencapai 2.991 unit. Mobil perkotaan andalan dari Honda itu juga mendominasi secara absolut dengan pangsa pasar 67,88 persen.

Suzuki Ignis Mulai Ramai Dipesan Konsumen

Sementara itu di sisi lain, Ignis dalam dua bulan pertama tahun 2019 bini hanya terdistribusi 935 unit. Dengan kata lain mengalami penurunan drastis dengan anjlok sebesar 62,79 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2018 yang mencapai 1.513 unit.

Hasil tersebut jelas nilai buruk buat Ignis, bahkan terbesar semenjak pertama diperkenalkan pada 2017. Padahal, secara penjualan trennya cukup positif.

Terkait laporan penurunan tersebut, Direktur Penjualan 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Makmur menjelaskan bahwa memang kondisi tersebut bukan karena faktor berat. Menurutnya, hal ini hanya soal masalah pengiriman unit dari India ke Indonesia yang membutuhkan waktu.

“Ignis itu produk impor, kalau seperti itu butuh waktu untuk sampai tiba di Indonesia. Tetapi sekarang sudah mulai banyak lagi,” ucap Makmur akhir pekan lalu usai peluncuran Ertiga Sport di kawasan Jakarta Selatan.

Tak hanya itu saja, bahkan menurut Makmur sendiri, karakter konsumen di Indonesia itu sendiri cukup unik. Belum lagi, pergantian tahun seperti sekarang ini yang memang ingin mobil terbarunya itu mengikuti tahun 2019 sekarang. Oleh alasan itu, maka dikarenakan Ignis merupakan produk impor sudah barang tentu dalam dua bulan pertama 2019 ini masih belum maksimal.

“Tetapi kami yakin, Ignis masih bisa menjadi pemimpin di pasar city car, karena mobil seperti itu masih banyak dicari oleh masyarakat,” ujar Makmur.

Di sisi lain, dalam penjelasan lain Makmur sendiri juga memastikan bahwa untuk soal permintaan konsumen terhadap Ignis, dalam waktu dekat ini bisa segera dipenuhi. Bukan tanpa alasan mengingat untuk produksi tahun 2019 ini, mulai berjalan sehingga performanya dipastikan tumbuh lagi.

Top