Penjualan Pajero Sport Naik, Fortuner Malah Turun

Pajero Sport Kian Mantap di Indonesia – Tak bisa dipungkiri bahwa sampai detik ini, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner masih mendominasi segmen SUV di Indonesia. Keduanya secara bergantian terus menerus saling berkompetisi untuk mendapatkan gelar sebagai SUV terlaris di Tanah Air.

Sementara itu belum lama ini dilaporkan bahwa dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka penjualan wholesale (dari pabrik ke dealer) Mitsubishi Pajero Sport selama 3 bulan terakhir membuatnya kokoh di puncak segmen SUV. Hal ini tentu menjadi nilai positif bagi pabrikan berlogo tiga berlian tersebut.

Pajero Sport Kian Mantap Di Indonesia

Selain itu, lebih detail lagi bahwa menginjak awal bulan Februari 2019 lalu saja, angka penjualan Mitsubishi Pajero Sport tercatat sebanyak 1.993 unit. Tentu saja, jumlah tersebut menunjukkan peningkatan yang konstan meski tak terlalu signifikan, dari 1.561 unit pada Januari 2019 dan Desember 2018 mencapai 1.549 unit.

Sedangkan di satu sisi, rival abadinya, yaitu Toyota Fortuner justru mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan. Pasalnya, penjualannya turut dari 1.459 unit pada Januari 2019 dan kini menjadi 1.185 unit.

Padahal, distribusinya selama penghujung 2018 terbilang tinggi mengingat mencapai 1.523 unit pada Desember dan November 1.471 unit.

Tak sampai di situ saja, untuk model yang menduduki peringkat ke tiga dihuni oleh Nissan Terra yang ternyata juga mengalami penurunan dari 144 unit pada Januari menjadi 48 unit.

Kemudian, disusul oleh Chevrolet Trailblazer yang justru meningkat menjadi 90 unit pada Februari dari sebelumnya 25 unit.

Lalu, pada posisi ke lima sekaligus terendah diisi oleh Isuzu MU-X dengan angka penjualan wholesale mencapai 20 unit. Sedangkan pada Januari, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) tidak melakukan distribusi mobil ini satu pun.

Nah, jika melihat trend pasar SUV di Indonesia tersebut, memang menjadi suatu pertanda bahwa model SUV di Indonesia masih stabil meski ada prediksi terkait pergeseran trend dari MPV ke SUV. Tentu saja, semua itu tergantung dari arah kemauan pasar atau konsumen.

Top