Trend Positif Penjualan Mobnas : Indonesia Bakal Jadi Poros Otomotif Asean

Indonesia Bakal Jadi Poros Otomotif Asean – Kita bicara soal penjualan mobil nasional di Indonesia. Ternyata, dalam tujuh tahun terakhir, yakni mulai dari 2006 hingga 2013, penjualan mobil nasional mengalami pertumbuhan yang baik. Angka pertumbuhannya tercatat mencapai  23,4 persen. Padahal, pada tahun 2006, jumlahnya hanya 318 ribu unit. Kemudian mengalami  kenaikan  menjadi 433 ribu di 2007 dan bertambah lagi hingga menyentuh angka 603 ribu pada 2008. Namun setelah itu, ternyata terjadi penurunan penjualan.

indonesia bakal jadi poros otomotif asean

Penjualan mobil nasional memang sempat turun menjadi 483 ribu pada 2009 karena imbas dari krisi finansial global. Namun, kondisi itu tak berlangsung lama dan pada 2010 kembali naik menembus angka 794 ribu unit. Pasca krisis finansial global, pertumbuhan ekonomi Indonesia cenderung positif. Hal itu pun berdampak pada performa penjualan mobil di 2011, kala yang berhasil terjual sebanyak 894 ribu unit.

Bahkan, tahun 2012, industri otomotif nasional menorehkan sejarah baru lho. Pada tahun tersebut, penjualan mobil untuk pertama kalinya menembus angka 1,1 juta unit. Tren peningkatan pun terus terjadi, pada 2013 penjualan mobil naik lebih dari 200 ribu unit dibandingkan tahun sebelumnya. Tinggal kita lihat saja bagaimana tahun ini penjualan mobil nasional akan berjalan.

Dari trend yang terus membaik itu, Indonesia tak dipungkiri memang menjadi pasar yang cukup besar bagi industri otomotif. Secara kasar saja, sudah terlihat bagaimana mobil-mobil semakin memadati jalanan saat ini. Bahkan, bukan hanya menjadi pasar, praktisi otomotif “membaca” bahwa potensi yang ada pun memungkinkan Indonesia menjadi basis produksi kendaraan bermotor. Hal tersebut bisa mencakup skala Asean.

“Indonesia berpotensi untuk menjadi kiblat Asean di bidang otomotif masa depan. Potensi pasarnya sangat besar,” kata I Made Dana Tangkas, praktisi industri yang telah 25 tahun lebih berkecimpung di dunia otomotif.

I Made Dana Tangkas yang juga menjabat sebagai  Direktur Corporate and External Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) itu juga memprediksi, ekonomi Indonesia akan terus mengalami pertumbuhan. Hal ini bakal terjadi karena  mayoritas dari 250 juta populasinya merupakan kaum muda yang dalam masa produktif. Baca juga CBR 250 RR Bermesin 2 Silinder dan Mobil Mewah Terlaris di Indonesia Tetap Dipegang Mercy.

Top