Hyundai Kona Hadir Hadapi HR-V di Pasar Indonesia

Hyundai Pastikan Kona Sanggup Jadi Penantang HR-V – Beberapa waktu lalu dilaporkan bahwa Hyundai Kona kabarnya akan segera hadir di Indonesia pada Juni 2019 ini. Rumor ini dilaporkan langsung dari PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) yang mana berencana mengenalkan Kona di kantor pusat mereka di Jakarta Selatan sebelum dipamerkan untuk umum di IIMS 2019.

Crossover buatan Hyundai yang satu ini akan mengisi kekosongan antara Hyundai Santa Fe dan Tucson. Lantas, kira-kira berapa harga pesaing Honda HR-V ini?

Hyundai Pastikan Kona Sanggup Jadi Penantang HR V

Di satu sisi, berdasarkan atas laman resmi Samsat Jakarta, agaknya nilai jual Hyundai Kona ini tertera Rp 218 juta. Untuk bersaing di segmen kompak SUV lima kursi, diprediksi banderol on the road di kisaran Rp 280 juta sampai Rp 300 jutaan. Sebenarnya, kisaran ini tentu tidak mengikat. Apalagi unit masih diimpor maka PT HMI harus meramu harga yang kompetitif. Soalnya beberapa lawan sekelas sudah bikinan lokal.

Untuk bertarung di segmen itu, ada kemungkinan bahwa nominal resmi dari banderol Hyundai Kona tak jauh dari banderol HR-V. Mobil garapan Honda dilego Rp 285 juta sampai Rp 400 juta pada tipe 1,8 liter Prestige.

Sedangkan di satu sisi, untuk soal bodinya sendiri, Hyundai Kona memiliki panjang 4.165 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.550 mm. Jarak sumbu rodanya 2.600 mm. Sekilas bentuknya bisa dibilang sebagai baby Santa Fe.

Selain itu, di produk global, fitur keselamatan amat komplet. Amsal, Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), High Beam Assist (HBA), Driver Attention Warning (DAW) dan Blind-Spot Collision Warning (BCW).

Tak sampai di situ saja, bahkan terdapat juga beberapa tambahan fitur canggih berupa Rear Cross-Traffic Collison Warning (RCCW). Fitur ini mampu mendeteksi kendaraan lain yang melintas di belakang, saat mobil hendak mundur keluar dari parkiran. Kami berharap, Hyundai tak memangkas sederet fitur ini, agar punya selling value tersendiri.

Selain itu, diketahui juga bahwa Hyundai Kona ini nantinya dibekali berbagai pilihan jantung pacu. Pertama mesin berkapasitas 2.0-liter MPI Akitson (148 PS). Kemudian, ada juga mesin Gamma 1.6 liter turbocharged (176 PS). Dan, yang terakhir yaitu mesin 3-silinder 1.0 liter turbocharged (119,6 PS).

Sedangkan di satu sisi, untuk pilihan transmisinya juga beragam, ada yang bertransmisi otomatis 6-speed. Kemudian transmisi otomatis 7-speed dual-clutch (7DCT) pada engine 1.6 liter turbo. Tunggu sebentar lagi, mesin mana yang ditawarkan Hyundai buat konsumen Indonesia.

Gambaran secara umum, Hyundai Kona siap bertarung di kelas mobil crossover. Unit kemungkinan bersaing dengan Suzuki SX4 S-Cross serta Honda HR-V.

Top