Meski Diserbu Banyak Pesaing, Avanza 2019 Masih Jadi Andalan Toyota

Ada 8.538 Unit Avanza Resmi Terkirim ke Konsumen – Tak bisa dipungkiri lagi bahwa memang untuk soal persaingan di kelas low multi purpose vehicle (LMPV) yang ada di Indonesia, memang sampai detik ini semakin sengit. Hal itu semakin ditunjang dengan banyak model yang berusaha untuk menjatuhkan penguasa pasar mobil keluarga, yaitu Toyota Avanza.

Meski begitu adanya namun agaknya dengan semakin banyaknya pesaing, justru mobil sejuta umat ini masih jadi model jagoan PT Toyota Astra Motor. Bukan tanpa sebab mengingat jika mendasarkan atas data internal jenama asal Jepang ini, selama Maret 2019, secara wholesale atau dari pabrik ke dealer, Toyota Avanza terkirim sebanyak 8.538 unit.

Ada 8.538 Unit Avanza Resmi Terkirim Ke Konsumen

Sementara itu di sisi lain, untuk penjualan secara retail sales, Toyota Avanza hanya terkirim sebanyak 6.476 unit pada bulan yang sama. Dengan begitu maka tak heran jika Low MPV buatan Toyota ini masih layak dipercayai untuk berasing dengan para kompetitornya.

“Untuk surat pemesanan kendaraan (SPK) Toyota Avanza sejak launching sudah di atas 20 ribu unit,” jelas Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto, lewat pesan elektronik, beberapa waktu lalu.

Tak sampai di situ saja, bahkan dalam kesempatan lain, diketahui pula bahwa untuk sumbangan penjualan terbesar kedua Toyota oleh Rush dengan wholesale 5.063 unit, dan retail sales 5.418 unit. Sedangkan posisi selanjutnya, Toyota Kijang Innova wholesale 5.014 unit, serta retail sales 4.447 unit.

Selanjutnya, Toyota Calya wholesale 3.138 unit dan retail sales 4.679 unit, Agya wholesale 2.257 unit dan retail sales 1.867 unit, kemudian Fortuner wholesale 1.638 unit, dan retail sales 1.506 unit.

Di sisi lain, memang patut untuk diakui juga meskipun Avanza masih jadi andalan Toyota, namun kemunculan Xpander beserta Low MPV lain memang menjadi penghalang bagi Avanza untuk kembali merajai pasar mobil keluarga berkapasitas 7 penumpang tersebut.

Top