Meski Lebih Laris, Avanza Masih Tangguh dari Xpander

Ketangguhan Avanza Masih Belum Pudar – Meski sudah banyak model yang meluncur, agaknya tingkat persaingan di pasar low multi purpose vehicle (LMPV) yang berada di Tanah Air, memang masih didominasi dua model, yaitu Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Mobil keluarga dengan kapasitas tujuh penumpang asal Jepang ini, saling salip-menyalip untuk menjadi yang terlaris, setiap bulannya.

Akan tetapi, hanya saja berdasarkan atas data Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), perlu diakui bahwa justru untuk wholesale (pabrik ke dealer) masih didominasi Toyota Avanza. Mobil sejuta umat ini mampu terdistribusi sebanyak 8.538 unit sepanjang bulan ketiga tahun ini.

Ketangguhan Avanza Masih Belum Pudar

Sedangkan di satu sisi, untuk Mitsubishi Xpander sendiri yang pamornya saat ini tengah tinggi, justru harus rela berada di posisi ke dua, dengan penjualan sebanyak 8.115 unit di periode yang sama.

Selain dua model tersebut, persaingan papan tengah untuk LMPV di Indonesia masih diikuti Daihatsu Xenia dengan mampu terjual sebanyak 3.663 unit. Posisi ke empat, diraih oleh Suzuki Ertiga dengan 2.893 unit.

Nah, untuk posisi ke lima, terdapat pergeseran posisi, dengan masuknya Nissan Livina ke lima besar, dengan penjualan sebanyak 2.435 unit, dan Honda Mobilio yang digeser dengan menempati posisi keenam dengan penjualan 1.558 unit.

Jika dilihat dari jumlahnya, agaknya penjualan mobil di kuartal pertama 2019 tercatat mengalami penurunan (Januari-Maret) dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kontribusi penjualan terbesar berhasil diberikan merek Toyota dengan penjualan mencapai 77.266 unit dengan market share mencapai 30,4 persen.

Berada di posisi ke dua, Daihatsu berhasil mendistribusikan kendaraannya di angka 47.490 unit dengan market share 18,3 persen tiga bulan awal tahun ini.

Peringkat ketiga berhasil ditempati Mitsubishi karena mampu melakukan distribusi kendaraan ke dealer sebanyak 35.580 unit. Sedangkan peringkat empat ditempati Honda dengan angka 28.845 unit dan posisi kelima dihuni Suzuki dengan penjualan wholesale mencapai 22.869 unit.

Top