Wuling Cortez Turbo Adopsi Mesin Milik Almaz

Cortez Turbo Gunakan Mesin Wuling Almaz – Beberapa waktu lalu, memang dikabarkan bahwa salah satu pabrikan otomotif asal Tiongkok, yaitu Wuling Motors Indonesia secara resmi merilis Cortez CT dengan bekalan mesin berkubikasi 1.500 cc Turbo. Jika melihat jenis mesin tersebut, tentu saja tak lain yang digunakan juga oleh sport utility vehicle (SUV) terbarunya, yakni Wuling Almaz.

Sementara itu di sisi lain, menurut pendapat yang diungkapkan Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko, dikatakan bahwa meski menggunakan mesin yang sama dengan Almaz, namun menurutnya tetap ada perbedaan dari segi setelan yang diterapkan. Pasalnya, Danang sendiri beralasan mengingat Cortez datang sebagai sebuah mobil keluarga yang lebih mengutamakan kenyamanan.

Cortez Turbo Gunakan Mesin Wuling Almaz

“Pada dasarnya kita memang mengambil dari mesin Almaz, tapi tetap kita sesuaikan lagi terutama soal mapping ECU yang kita bedakan, selebihnya soal peak horse power dan torsinya itu sama karena kita sesuaikan dengan Cortez sebagai MPV,” kata Danang di Sentul, Jawa Barat pada Senin (22/4/2019).

Sedangkan dalam hal urusan performanya, Danang mengatakan Cortez kini jauh mengalami peningkatan. Pasalnya, kali ini sudah menggunakan mesin Almaz yang mana secara otomatis tenaganya pun setara, yakni 140 tk dengan torsi maksimum mencapai 250 Nm.

Tak sampai di situ saja, bahkan untuk soal transmisi yang diusungnya pun tak lagi menggunakan i-AMT. Akan tetapi, sudah diganti dengan sistem transmisi CVT delapan percepatan yang membuat Cortez CT naik kelas.

Di sisi lain, meskipun untuk soal harga Wuling masih menahan hingga gelaran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) nanti, tapi Brand Manager Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani, memastikan bila Cortez CT akan menjadi varian tertinggi di keluarga medium Cortez tanpa menggeser model 1.800 cc nya.

“Iya, Cortez CT akan jadi varian atas, jadi ini kita hanya menambah varian saja, bukan berati kedarangan varian baru lalu mematikan model sebelumnya. Untuk Cortez 1.8L tetap akan kita pasarkan,” ucap Dian.