Banyaknya Inden, Jimny Bakal Dirakit di Indonesia, Benarkah?

Suzuki Indonesia Siap Rakit Jimny – Walaupun terbilang sudah cukup lama menjadi sebuah rumor yang diperbincangkan oleh para pecinta otomotif, Suzuki Jimny tak kunjung hadir di Tanah Air. Namun, kini ada gambar gembira terkait mobil buatan Suzuki tersebut mengingat setelah hadir dalam pameran otomotif GIIAS tahun 2018 lalu, mobil tersebut kini kembali nongol di IIMS 2019.

Sejak mulai dihadirkan di ajang IIMS 2019 tersebut, dikabarkan bahwa perminataan terkait mobil ini juga melonjak sejak resmi diperkenalkan. Tentu saja, dengan fakta tersebut maka Suzuki Motor Corporation (SMC) cukup kewalahan memenuhi permintaan mobil di segmen SUV tersebut.

Suzuki Indonesia Siap Rakit Jimny

Tak sampai di situ saja, bahkan perlu disampaikan juga jika permintaan di Jepang terkait mobil ini pun juga harus menunggu selama satu tahun dan pasar Eropa selama enam bulan. Lantas, kira-kira adakah keinginan SMC untuk melakukan produksi Jimny di Indonesia?

Merespon hal tersebut, dalam hal ini Managing Officer SMC untuk wilayah Asia, Shuji Oishi mengaku memiliki keinginan terkait hal tersebut.

“Saya juga sudah meminta SMC, kami ingin membuat produksi semakin cepat. Kami terus bernegosiasi dengan pihak Jepang,” kata Oishi di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Di sisi lain, Oishi dan pihaknya juga mengaku jika mesin dan transmisi yang sama dengan model Ertiga dan Carry terbaru sudah diproduksi di Indonesia, sehingga peluang melakukan produksi Jimny cukup besar. Tentu saja baginya ini menjadi pertimbangan yang sangat matang.

“Dulu Katana diproduksi di sini. Jadi saya rasa kemungkinan cukup besar,” ujar Oishi.

Tak hanya itu, bahkan dalam kesempatan lain pun Oishi juga meminta Suzuki Indomobil Indonesia (SIS) untuk terus berupaya agar produksi Jimny bisa dilakukan di Indonesia dalam waktu dekat, terutama pendekatan kepada prinsipal.

“Karena di Jepang, produksi setahun untuk Jimny hanya 75 ribu unit. Jadi memang ini hanya menunggu kapan waktu yang tepat, karena di Indonesia sudah siap kalau mau produksi,” tuturnya.

Sementara itu, sebagai tambahan informasi saja bahwa di negara asalnya, Jimny generasi anyar diniagakan dalam dua varian. Yang pertama tipe standar yang masuk dalam kategori mobil murah alias kei car.