Jelang Lebaran 2019, Produksi Avanza pun Digenjot

Antisipasi Permintaan Jelang Lebaran, Produksi Toyota Avanza Digenjot – Penggunaan mobil pribadi sebagai kendaraan untuk mudik ke kampung halaman masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Oleh sebab alasan itu maka tak heran jika penjualan roda empat mendekati Lebaran biasanya meningkat dengan tajam.

Jika melihat hal tersebut, agaknya Toyota Astra Motor (TAM) mengaku mobil andalannya di kelas Low MPV sebisa mungkin akan sesegera mungkin untuk dikirim kepada konsumen sebelum lebaran. Bukan tanpa alasan mengingat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku perakit sudah menaikkan jumlah produksi.

Antisipasi Permintaan Jelang Lebaran, Produksi Toyota Avanza Digenjot

“Kalau data pastinya saya tidak punya. Namun dari dia launching sampai sekarang itu SPK-nya sekitar hampir 30.000-an (sampai minggu lalu). Jadi bisa kita katakan pemesanannya itu antara 7.000 – 8.000 unit per bulan. Produksinya sendiri, ADM bulan lalu sudah berkomitmen akan menambah produksinya,” kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto di Senayan, Jakarta.

Di sisi lain, apabila dilihat dari beberapa data penjualan secara whosale (pabrik ke dealer) selama Januari-Februari, angka penjualan Avanza sampai dengan detik ini hanya stagnan berada di kisaran 5000-an unit.

Namun hanya saja untuk saat ini, penjualan per bulan mengalami peningkatan karena adanya penambahan produksi.

“Kalau kita melihat angka Avanza wholesale dari Januari – Februari 5.000 unit. Setelah itu angkanya 8.000 unit. Sekarang angkanya sekitar itu. Waktu itu memang kita minta 8.000-9.000 unit. Karena Januari stok benar-benar tipis. Target juga mengalami kenaikan, jadi 7.500 dari yang biasanya 6.000 – 7.000 unit. Inilah landasan mengapa kita ingin menambah produksi,” ujar Soerjo.

Akan tetapi, walaupun sudah meminta adanya kenaikan produksi cukup lama, PT ADM akhirnya bisa menaikan jumlah produksi Avanza sejak akhir Februari 2019.

Top